Bulu Tangkis Beregu Putri di Perempat Final Asian Games 2022 Terganjal oleh Tiongkok

 Bulu Tangkis Beregu Putri di Perempat Final Asian Games 2022 Terganjal oleh Tiongkok

Apriyani Rahayu/Siti Fadial Silva Ramadhanti kalah dari Chen Qing Chen/Jia Yifan di pertandingan beregu putri Asian Games 2022 Hangzhou-PBSI-

HARIAN DISWAY - Tim bulu tangkis beregu putri gagal melaju ke semifinal Asian Games 2022 Hangzhou. Gregoria Mariska Tunjung dkk takluk di tangan tuan rumah Tiongkok. Dalam pertandingan perempat final yang digelar pada Jumat, 29 September 2023 di Binjiang Gymnasium itu, Tiongkok unggul telak 3-0.

Gregoria yang tampil sebagai tunggal putri pertama tidak bisa mengatasi Chen Yufei. Kapten tim Indonesia itu kalah straight game 21-14, 21-12 dari Chen Yufei. Usai pertandingan, Gregoria mengaku menyesal tidak bisa membuka jalan meraih kemenangan.

"Saya tidak bisa mengatasi ketegangan sepanjang pertandingan. Tapi sebenarnya itu bukan alasan karena ini bukan pertama kalinya saya ikut turnamen beregu,” kata Gregoria kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

Tim beregu putri Indonesia memberikan perlawanan di partai kedua. Sayangnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga tidak menemukan solusi melawan pemain nomor satu dunia, Chen Qing Chen/Jia Yifan. Pertandingan berakhir dalam rubber game dengan keunggulan Chen Qing Chen/Jia Yifan 21-12, 19-21, 22-20.

Apri/Fadia menjelaskan sebenarnya mereka tidak terbebani setelah Indonesia tertinggal 0-1. Mereka bisa tampil lepas dan menerapkan permainan sesuai dengan strategi awal.

“Tetapi memang hanya di poin-poin terakhirnya saja tadi tidak pas penerapan polanya. Dari situ kami belajar lagi dari mereka. Di gim kedua akhir-akhir itu kami lebih inisiatif, lebih siap, dan lawan terlihat lengah,” ungkap Apri.

Pada partai penentuan, Putri Kusumawardani juga tidak bisa berbuat banyak. Putri KW harus mengakui keunggulan He Bing Jiao 21-15, 21-19. Hasil itu memastikan kemenangan Tiongkok dan dua partai berikutnya pun tidak dimainkan. 

Dalam undian beregu putri Asian Games 2022 ini memang tidak menguntungkan bagi skuad Indonesia. Mereka tidak bertanding di babak 16 besar dan langsung masuk perempat final. Pada babak tersebut, Indonesia langsung bertemu Tiongkok yang menurunkan kekuatan penuh.

Dengan hasil tersebut, capaian Indonesia menurun dibandingkan Asian Games 2018. Saat bertanding di Istora Senayan, Jakarta lima tahun lalu, Indonesia melaju hingga semifinal. Langkah tim putri Indonesia menuju babak puncak terhenti oleh Jepang dengan skor akhir 1-3. Pada perempat final sebelumnya, Indonesia mengalahkan Korea Selatan 3-1. (*)

Hasil Pertandingan Bulu Tangkis Beregu Putri:

Chen Yufei vs Gregoria Mariska Tunjung 21-14, 21-12

Chen Qing Chen/Jia Yifan vs Apriyani Rahayu vs Siti Fadia Silva Ramadhanti 21-12, 19-21, 22-20

He Bingjiao vs Putri Kusumawardani 21-15, 21-19

Zhang Shuxian/Zheng Yu vs Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Chaya Pratiwi –

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: