Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia Gigit Jari di Asian Games

Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia Gigit Jari di Asian Games

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto kalah dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae di nomor beregu putra Asian Games 2022-Naif Alas/Komite Olimpiade Indonesia-

HARIAN DISWAY - Perjalanan tim bulu tangkis beregu Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou telah berakhir. Tim putra juga gagal melangkah ke semifinal. Anthony Sinisuka Ginting dkk takluk dari Korea Selatan 1-3 di perempat final pada Jumat, 29 September 2023 di Binjiang Gymnasium.

Anthony Sinisuka Ginting sebenarnya membuka perjalanan Indonesia dengan baik. Pemain nomor dua dunia itu mengamankan kemenangan atas Jeon Hyeok-jin 21-15, 21-17. Sayangnya, langkah Ginting itu tidak diikuti oleh rekan-rekannya yang lain.

Pada tiga partai berikutnya, Indonesia tidak bisa mencatat kemenangan. Fajar Alfian/M. Rian Ardianto sempat membuka harapan keunggulan Indonesia. Namun, pada dua gim terakhirnya, FajRi justru kehilangan momentum dan kalah 21-11, 22-24, 17-21 dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

BACA JUGA:Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia Gagal Bawa Medali Asian Games

Dalam keterangan resminya usai pertandingan, Fajar/Rian mengakui kesalahan yang terjadi di gim kedua. Mereka bermain terlalu terburu-buru terutama saat setting poin. Selain itu, pemain nomor satu dunia tersebut tidak bisa mengontrol jalannya pertandingan.

“Di gim ketiga, saat sudah berhasil menyamakan kedudukan, mereka memang lebih siap mengantisipasi strategi kami. Terutama Seo (Seung-jae) ya. Kami coba mencecar kelemahannya, tapi saat poin kritis itu, dia sudah tahu,” jelas Fajar.

Jonatan Christie juga tidak mampu membalikkan keadaan. Pemain yang akrab disapa Jojo itu justru tampil kurang rileks saat melawan pemain ranking 119 dunia, Lee Yun-gyu. Dalam pertandingan itu Jojo kalah straight game 15-21, 16-21.

“Jujur hari ini saya tidak bermain dengan performa terbaik. Pastinya cukup menyesal dengan hal itu. Saya merasa poin tadi cukup penting bagi tim dan tadi saya berusaha keluar dari tekanan tapi sedikit bermain kurang tenang,” kata Jojo.

Korea Selatan memastikan tiket ke semifinal Asian Games 2022 di partai keempat melalui Kim Won-ho/Na Sung-seung. Pemain ranking 332 dunia itu menumbangkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dengan skor akhir 18-21, 17-21.

Kekalahan itu membuat Indonesia gagal mengulang capaian Asian Games 2018. Saat itu Tim Merah Putih lolos hingga babak puncak. Indonesia harus puas meraih medali perak setelah kalah dari Tiongkok 3-1. (*)

 

 Hasil Pertandingan Bulu Tangkis Beregu Putra:

Anthony Sinisuka Ginting vs Jeon Hyeok-jin 21-15, 21-17

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae 21-11, 22-24, 17-21

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: