Kenali Joki Pinjol yang sangat Mengkhawatirkan, Cara Beroperasi sampai Bahayanya!

Kenali Joki Pinjol yang sangat Mengkhawatirkan, Cara Beroperasi sampai Bahayanya!

Joki pinjol sering menggunakan berbagai trik atau taktik curang untuk menghindari sistem keamanan yang diterapkan oleh penyedia pinjol. -canva.com-

HARIAN DISWAY - Di zaman digital yang semakin maju ini, layanan pinjaman online atau pinjol (pinjaman online) sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak masyarakat.

Pinjol memberikan kemudahan akses ke dana dengan cepat. Tanpa perlu repot-repot pergi ke bank fisik atau mengurus banyak dokumen. Namun, di balik kemudahan ini, ada fenomena yang semakin menarik perhatian yaitu joki pinjol.

Dalam artikel ini, Harian Disway menjelaskan apa yang dimaksud dengan joki pinjol, bagaimana mereka beroperasi, serta dampaknya pada masyarakat dan industri pinjol.

Apa itu joki pinjol?

Joki pinjol adalah individu atau kelompok yang dengan tidak sah menggunakan data pribadi orang lain untuk mengajukan pinjaman online tanpa izin atau pengetahuan pemilik data tersebut.

Mereka sering menggunakan berbagai trik atau taktik curang untuk menghindari sistem keamanan yang diterapkan oleh penyedia pinjol.

Tujuan utama joki pinjol adalah untuk mendapatkan uang dengan cepat tanpa harus membayar pinjaman tersebut. Sementara orang yang menjadi korban akan terbebani oleh utang yang sebenarnya tidak mereka minta.

BACA JUGA: Mengenal BCA QRIS, Inovasi Pembayaran Digital yang Praktis

Bagaimana joki pinjol beroperasi?

Joki pinjol menggunakan berbagai metode untuk menjalankan praktik ilegal mereka. Apa saja itu? Simak yang berikut ini.

1. Pemalsuan identitas

Mereka bisa menggunakan data pribadi milik orang lain, termasuk KTP, nomor ponsel, dan data lainnya untuk membuat aplikasi pinjaman.

2. Penipuan dokumen

Beberapa joki pinjol juga menciptakan dokumen palsu, seperti slip gaji atau kartu keluarga, untuk mendukung aplikasi pinjaman palsu mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: