3 Faktor yang Tentukan Bacawapres Prabowo, dari Sentimen Kedaerahan hingga Dukungan Jokowi

3 Faktor yang Tentukan Bacawapres Prabowo, dari Sentimen Kedaerahan hingga Dukungan Jokowi

3 FAKTOR yang tentukan bacawapres Prabowo, dari sentimen kedaerahan hingga dukungan Jokowi.-Gerindra.id-

Sebut saja, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, atau mantan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil.

BACA JUGA: Jagokan Erick Thohir Jadi Bacawapres Prabowo, Zulhas Tanggapi Santai Kans Gibran

"Ya, itu ada mazhabnya. Angka survei oke hari ini begitu," kata Hasan. "Tapi kalau menurut mereka, ketika isu kewilayahan dipakai misalnya, representasi Jawa Barat atau representasi Jawa Timur. Nah itu ya Khofifah atau Ridwan Kamil," paparnya.

Faktor kewilayahan ini diambil berdasarkan perkiraan jumlah suara yang akan didapat jika menggandeng mantan pemimpin suatu daerah. Khususnya yang berada di Pulau Jawa.

Dalam seluruh pemilu yang diadakan selama ini, konsentrasi pemilih paling besar memang selalu berasal dari Pulau Jawa. Sehingga, Pulau Jawa selalu menjadi penentu kemenangan dalam pemilu.

BACA JUGA: Jawaban Gibran saat Diusulkan Jadi Bacawapres Prabowo: Tanya Samawi!

Sementara itu, faktor terakhir yang jadi pertimbangan Prabowo adalah adanya dukungan dari Presiden Joko Widodo.

Jika Prabowo dan tim mempertimbangkan faktor dukungan yang lebih besar dari pihak Presiden Jokowi, maka sosok yang paling mungkin dipilih adalah Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.


SOAL Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Gerindra Juga tunggu keputusan MK. Ini momentum ketika Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka semobil beberapa waktu lalu.-Disway.id-

Nama Gibran sudah muncul berkali-kali sebagai bakal bacawapres Prabowo. Sosok pemimpin 36 tahun itu diketahui telah diusulkan oleh banyak pihak. Mulai dari faksi-faksi pendukung Jokowi, hingga anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM), Partai Bulan Bintang.

BACA JUGA: Prabowo Terima Dukungan dari Relawan Samawi, Janji Lanjutkan Kebijakan Jokowi

Namun, aturan KPU tentang usia minimum capres dan cawapres masih dalam proses judicial review di Mahkamah Konstitusi. Saat ini, batas usia minimum calon pemimpin negara adalah 40 tahun.

"Ada yang mazhabnya, Pak Prabowo hanya bisa menang kalau di-support oleh Pak Jokowi. Ya kalau gitu kan Gibran. Kalau mendapat support dari Pak Jokowi, berarti Gibran," tutur Hasan.

"Nah, ini pertarungan menurut saya. Dalam 10 hari ke depan, dua minggu ke depan, itu jadi di antara tiga ini. Tapi punya dasar pemikiran masing-masing. Punya mazhab pemikiran masing-masing,” pungkasnya.

Kira-kira mahzab mana yang dianut Prabowo dalam menentukan bacawapres? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber