Menu Seafood Jadi Jamuan Utama dalam Gala Dinner KTT AIS Bali

Menu Seafood Jadi Jamuan Utama dalam Gala Dinner KTT AIS Bali

Para pemimpin dunia dan Presiden Jokowi (tengah) menikmati sajian menu makanan olahan seafood sambil menikmati berbagai pertunjukan hiburan saat Gala Dinner KTT AIS ke 1 di Nusa Dua Bali-Setpres-

BADUNG, HARIAN DISWAY – Menu olahan laut (seafood) menjadi menu utama dalam Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS pertama di Nusa Dua, BADUNG, Bali, Selasa, 10 Oktober 2023. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin gala dinner para kepala negara kepulauan delegasi forum tingkat tinggi pertama antar negara-negara pulau dan kepulauan tersebut.   

Presiden memberikan sambutan kepada seluruh delegasi yang hadir di Bali. "Selamat datang di Bali dan selamat datang di Indonesia untuk menghadiri gala dinner pertemuan tingkat tinggi pertama KTT AIS Forum," ujar Presiden Joko Widodo. 

BACA JUGA:Indonesia Suguhkan Cultural Experience di KTT AIS Forum 2023

Dalam gala dinner tersebut, para delegasi menikmati hidangan dari aneka makanan olahan laut (seafood). Terutama dari hasil kekayaan hasil laut Indonesia. 

Hidangan yang disajikan adalah variasi dari ragam masakan tradisional Nusantara, yang diracik ulang oleh Chef Vindex Tengker dan Chef Made Putra. 

Daftar menunya antara lain adalah urapan tempe atau tempe bacem dari Yogyakarta, kemudian Selada Udang Andaliman. Andaliman adalah rempah pedas khas Sumatera Utara. 

Dua menu tersebut disajikan sebagai hidangan pembuka bersama Sup Tomat Serai Nusa Dua. Yang disebut terakhir ini adalah racikan khusus sup tomat dengan aroma serai yang diberi potongan alpukat, dan disajikan dengan krim santan.  

BACA JUGA:Sandiaga Uno Manfaatkan KTT AIS Forum 2023 untuk Promosi Pariwisata Bali

Sementara hidangan utama (main course) dibagi ke dalam tiga macam. Yang pertama adalah Daging Sapi Base Genep yang diolah dari wagyu dengan bumbu rempah Bali, lengkap dengan sayur lawar khas Bali sebagai side dish.  

Menu kedua adalah Gulai Udang Karang, yaitu olahan lobster dengan kuah gulai khas Aceh, disajikan bersama asparagus dan jamur.

Penampakannya saja sudah sangat menggiurkan. Kemudian yang ketiga adalah Polenta Terung Mapui. Polenta adalah olahan dari tepung jagung. Kali ini, ia akan hadir ditemani terung panggang, dilengkapi saus merah khas Kalimantan. 

Untuk hidangan penutup, para chef menyiapkan menu khas Sulawesi Utara, berupa Puding Kelapa Muda. Selain itu, ada juga Bunaken Coral, yaitu kue kelapa pandan yang dihiasi aneka buah. 

Presiden menekankan bahwa KTT AIS Forum dilaksanakan untuk mempererat kerja sama antar negara pulau dan kepulauan. Negara-negara kepulauan tersebut memiliki kesamaan, yakni hidup berdampingan dengan laut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: