Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia vs Brunei 6-0: Perpanjang Rekor Clean Sheet Sejak 1987

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia vs Brunei 6-0: Perpanjang Rekor Clean Sheet Sejak 1987

Ramadhan Sananta (kiri) merayakan gol keduanya bersama Asnawi Mangkualam (kanan) dalam pertandingan Indonesia vs Brunei Darussalam pada Kamis, 12 Oktober 2023-PSSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Timnas Indonesia mengamankan kemenangan dalam leg pertama di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023 itu, Indonesia menang 6 gol tanpa balas atas Brunei Darussalam.

Hasil tersebut memperpanjang rekor clean sheet Indonesia atas Brunei sejak 1987. Dalam 8 pertemuan terakhir di segala ajang kompetisi, Brunei tidak pernah membobol gawang Indonesia.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Indonesia unggul dengan mudah.

Dimas Drajat membuka keran gol di menit keenam. Gol itu sekaligus pembuka hattrick Dimas di laga tersebut.

Pemain Persikabo 1973 itu mencetak dua gol lagi pada menit ke-72 dan 90+2’.

BACA JUGA:Alasan Marselino Ferdinan dan Rafael Struick Absen di Leg Pertama Indonesia vs Brunei Darussalam

Mantan pemain Persebaya, Rizky Ridho turut berkontribusi ataShis kemenangan Indonesia di menit ke-11.

Masuk dari bangku cadangan menggantikan Hokky Carakan pada menit ke-58, Ramadhan Sananta juga menyumbang dua gol dalam kurun waktu empat menit.

Sananta sukses menjadi eksekutor penalti pada menit ke-63. Tandukan pemain Persis Solo itu di menit ke-67 juga kembali mengoyak gawang kiper Brunei M. Haimie Nyaring.

"Saya bersyukur bisa mencetak hattrick. Yang terpenting bukan tentang itu. Tetapi bisa menjalankan instruksi dari coach Shin (Shin Tae-yong). Kami sebagai tim harus kompak dan harus bisa tampil bagus di leg kedua,” kata Dimas dalam jumpa pers usai pertandingan.

BACA JUGA:Line Up Indonesia vs Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski menang dengan setengah lusin gol atas Brunei, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih kurang puas dengan performa anak asuhnya di babak pertama.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, jarak antar gol kedua dan berikutnya sangat lama. Seharusnya hal itu bisa lebih dimaksimalkan dengan baik.

"Harusnya permainan bisa lebih baik. Setelah gol kedua sangat lama sampai terjadi gol ketiga. Itu yang harus kami evaluasi. Tetapi untungnya di babak kedua para pemain kembali bekerja keras lagi dan lebih baik,” ujar Shin Tae-yong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: