5 Karakter yang Harus Dimiliki Enterpreneur ala Mas Andi

5 Karakter yang Harus Dimiliki Enterpreneur ala Mas Andi

Pengusaha muda Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti saat menjadi pembicara di seminar entreprenurship di Unesa.--

HARIAN DISWAY, SURABAYA - Pengusaha muda H.M. Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti memberikan resep karakter yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Ada 5 karakter yang harus dimiliki entrepreneur ala Mas Andi -sapaan Ali Affandi.

5 karakter yang harus dimiliki entrepreneur ala Mas Andi itu adalah adaptif, disiplin, motifasi, empati, dan sosial skill. Kelima karakter tersebut akan menjadi pintu keberhasilan mereka dalam bangun sebuah usaha. 

Prinsip 5 karakter yang harus dimiliki entrepreneur ala Mas Andi itu diungkapkan Ali Affandi saat menjadi pembicara seminar: "Unleash Your Creativity Innovating in Entrepreneurship". seminar itu digelar pekan di Grha Kadin Jatim, Surabaya, Jumat 13 Oktober 2023.

Seminar enterpreneur itu digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dalam kesempatan itu, Mas Andi mengatakan, hal paling fundamental yang harus dimiliki pengusaha adalah karakter yang terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan.

"Dan itu tidak instan," tegasnya. "Kita bentuk kebiasaan kita dan nantinya kebiasaan itu akan membentuk kita," imbuhnya.

Mas Andi berpesan pada para mahasiswa agar mulai membangun disiplin sejak dibangun kuliah. 

"Kalau saat ini kalian masih menjadi mahasiswa, ya harus diselesaikan belajarnya. Harus disiplin dan jangan melihat, seorang pengusaha putus sekolah menjadi contoh karen itu satu banding seribu," ujarnya. 

Terlebih saat ini masuk pada Zaman VUCA yang serba tidak pasti. VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity. Istilah ini diciptakan oleh Warren Bennis dan Burt Nanus, dua orang pakar ilmu bisnis dan kepemimpinan dari Amerika. 

"Dunia saat ini mengalami perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif. Perkembangan teknologi dan informasi menjadi salah satu pengaruh terbesar dari perubahan ini," katanya. 

Oleh karena itu, ke-5 karakter tersebut harus dimiliki dan kuat. Tetapi yang juga perlu diingat adalah menjadi pengusaha tidak terbatas waktu. Walaupun lebih baik dimulai di usia muda, tetapi yang tua pun tidak menutup kemungkinan sukses meniti karier sebagai pengusaha, asal ada motivasi kuat, mampu beradaptasi serta memiliki kepekaan dan sosial skill. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengajak mahasiswa yang hadir memulai merencanakan masa depan dengan menetapkan tujuan. 

"Kalau punya tujuan dan rencana, pasti kita akan membekali diri kita dengan apa-apa yang bisa menjadikan kita sampai pada tujuan. Oleh karenanya, apapun itu harus ada rencana," kata Adik. 

Terlebih pada tahun 2045 Indonesia akan memasuki tahun emas dimana pemerintah telah menargetkan Indonesia akan menjadi negara terbesar ke-5 dunia. Dan 13 tahun yang akan datang Indonesia juga akan mendapatkan bonus demografi, negara dengan jumlah usia produktifnya paling besar. 

Sementara jumlah lapangan kerja masih sangat terbatas. Sehingga penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: