Masih Muda, tapi Terkena Penyakit Jantung, Simak Penjelasannya dari Kemenkes

Masih Muda, tapi Terkena Penyakit Jantung, Simak Penjelasannya dari Kemenkes

HARIAN DISWAY- Penyakit jantung adalah penyakit yang menyerang jantung ketika otot pada jantung tidak menerima aliran darah. Hal itulah yang menyebabkan gangguan pada jantung dan pembuluh darah atau nama lainnya kardiovaskular.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, penyakit jantung sering diidentikkan dengan penyakit yang menyerang orang lanjut usia saja. Padahal, hal itu sama sekali tidak benar.

Penyakit jantung bisa menyerang siapa pun, tidak mengenal usia. Yang masih muda sekalipun. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, orang usia 20 tahun juga bisa terkena penyakit jantung.

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, angka pengidap penyakit jantung makin meningkat setiap tahun. Jika disederhanakan, 15 dari 1.000 orang Indonesia terkena penyakit jantung.

BACA JUGA: Mendeteksi Tanda-Tanda Penyakit Jantung Sejak Dini Melalui Bilasan Mulut

Lantas, mengapa orang usia muda bisa terkena penyakit jantung? Penyebabnya bisa beragam. Mulai makan sembarangan, kurang tidur, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, kebiasaan merokok, dan kurang berolahraga.

Selain itu, orang yang punya tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan bisa menjadi pemicu lainnya.

Namun, faktor utama yang kerap kali ditemukan pada orang usia muda adalah diabetes. Karena diabetes, orang usia muda bisa berpotensi meninggal dunia 2 hingga 4 kali lipat akibat terkena penyakit jantung.

Hal itu karena di dalam tubuh penderita diabetes, kadar gula mereka melebihi batas normal. Akibatnya, pembuluh darah tersumbat dan aliran darah ke jantung terganggu. 

BACA JUGA: Terapkan Perilaku CERDIK dan PATUH Ini sebagai Upaya Cegah Penyakit Jantung

Gejalanya pada orang usia muda tidak ada bedanya dengan orang lanjut usia. Terkadang orang usia muda yang tampak sehat bisa mendadak terkena penyakit jantung.

Gejala yang biasanya dialami penderitanya, antara lain, sulit bernapas, tubuh terasa lemas, merasakan nyeri pada dada, kehilangan kesadaran, dan jantung terasa berdebar kencang.

Sedikit berbeda dari gejala umum, kebanyakan perempuan tidak merasakan nyeri pada dada. Tetapi, rasa nyeri pada perut dan punggung.

Untuk itu, orang usia muda dianjurkan rutin mengecek kondisi kesehatan jantung sedini mungkin ke tempat fasilitas kesehatan terdekat. Bisa puskesmas, bisa juga rumah sakit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: