Kemenpora Pasang Target 3 Emas di Olimpiade Paris 2024

Kemenpora Pasang Target 3 Emas di Olimpiade Paris 2024

Deputi IV Kemenpora Surono (kiri), CdM Asian Games 2022 Hangzhou Basuki Hadimuljono (tengah), dan Ketum KOI Raja Sapta Oktohari (kanan) di Aula Kemnterian PUPR, Jakarta pada Jumat, 20 Oktober 2023-Ragil Putri Irmalia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Olimpiade Paris 2024 berlangsung sembilan bulan lagi. Kemenpora percaya diri memasang target selangit dalam multievent tersebut. Tidak tanggung-tanggung. Ada wacana untuk mematok target tiga emas di Olimpiade Paris 2024.

Hal tersebut diungkapkan Deputi IV Kemenpora Surono dalam sambutannya pada acara Pembubaran Tim CdM Asian Games 2022 Hangzhou pada Jumat, 20 Oktober 2024 di Aula Kementerian PUPR, Jakarta.

Surono mengatakan pihaknya bergerak cepat konsolidasi dan mereview hasil dari Asian Games 2022. Mereka segera membentuk task force atau gugus tugas untuk Olimpiade Paris 2024.

“Dan target kami tiga emas. Jadi, biar Pak Ketum KOI (Komite Olimpiade Indonesia) punya beban. Kalau tidak diberikan beban, nanti nggak mau kerja keras,” kata Surono dalam sambutannya tersebut.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut mengenai target emas Olimpiade itu, Surono menyebut target itu dibebankan kepada cabor bulu tangkis, panjat tebing, dan angkat besi. Ia melihat track record ketiga cabor itu sangat mungkin untuk meraih emas Olimpiade.

Seperti lifter Rahmat Erwin Abdullah meraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Rahmat juga meraih emas Asian Games 2022 sekaligus memecahkan rekor dunia clean and jerk. Kemudian climber Indonesia yang mendominasi nomor speed dan mencatatkan Veddriq Leonardo sebagai pemegang rekor dunia saat ini.

“Target itu baru rancangan. Jadi, sekali lagi ini baru rancangan. Tetapi pas saat sekitar enam bulan ke depan, baru nanti kami pastikan dengan Ketum KOI. Bisa berubah lebih dari tiga. Tapi paling tidak kami persiapan dulu. Proses dulu yang terpenting. Setelah itu hasil,” ujar Surono.

Dalam sejarah partisipasi Indonesia di Olimpiade, baru bulu tangkis yang mampu menyumbang medali emas. Sejak Olimpiade Barcelona 1992 hingga Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia telah mengoleksi delapan medali.

Disusul angkat besi menyumbangkan tujuh perak dan delapan perunggu. Panahan satu kali menyumbang perak. Pada Olimpiade Paris 2024 nanti, Indonesia memiliki peluang pada nomor speed panjat tebing.

Dalam Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Indonesia baru meloloskan empat atlet. Mereka adalah Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (menembak), dan Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: