Polres Lumajang Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Pucang Ranggah

Polres Lumajang Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Pucang Ranggah

Petugas Polsek Pasirian dibantu TNI dan warga memadamkan api di hutan Gunung Pucang Ranggah. -Humas Polres Lumajang-

LUMAJANG, HARIAN DISWAY – Cuaca yang panas membuat banyak kawasan hutan mengering. Ini membuat kawasan hutan rawan terjadi kebakaran. Kendati masih skala kecil kebakarannya, tapi tetap harus dipadamkan secepat mungkin agar tidak meluas.

Seperti yang terjadi pada Minggu 22 Oktober 2023. Kebakaran terjadi di hutan jati di gunung Pucang Ranggah, Dusun Kebonan, Desa Condro Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Api yang tidak membesar karena sikap sigap petugas gabungan memadamkannya.

Tim gabungan terdiri TNI-Polr, Perhutani, BPBD, dan masyarakat setempat melakukan pemadaman dengan alat seadanya. "Ini sebagai upaya pencegahan menjalarnya api karena rumput di lokasi sangat kering," kata Kapolsek Pasirian AKP Agus Sugiharto.

BACA JUGA:Kebakaran TPA Cikundul Kota Sukabumi Berhasil Dipadamkan Senin Dini Hari

BACA JUGA:Kebakaran Rawa Kucing Meluas, Helikopter BNPB Mulai Proses Water Bombing

Ditambah lagi dengan angin kencang membuat api masih menjalar. Beruntung, api berhasil dilokalisir dan dipadamkan. "Kokasi kebakaran juga masih jauh dari pemukiman penduduk hingga tidak sampai berdampak pada pemukiman warga," katanya.

Untungnya, pohon jati yang ada di hutan tersebut tidak ikut tersambar api. Walaupun pohon-pohon itu sedang meranggas. Tanpa daun. "Yang terbakar adalah rumput ilalang saja," pungkas Agus (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: