Waspada Banjir Rob di Akhir Oktober 2023, Berikut Daftar Pesisir Terdampak Menurut BMKG

Waspada Banjir Rob di Akhir Oktober 2023, Berikut Daftar Pesisir Terdampak Menurut BMKG

Perahu nelayan berjajar rapih di sisi barat Wisata Pantai Jangkar Situbondo, Jawa Timur, Minggu 30 Juli 2023.-Julian Romadhon-Harian Disway

HARIAN DISWAY - BMKG Mengeluarkan peringatan dini fenomena Banjir Pesisir (rob) yang bakal terjadi beberapa hari kedepan. Khususnya pada periode 27 hingga 31 Oktober 2023. 

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengungkapkan bahwa Banjir Rob ini dipicu oleh beberapa faktor. 

Yang pertama adalah fenomena fase Bulan Purnama (Full Moon) yang bersamaan dengan Perigee (Jarak Terdekat Dengan Bumi) 

“Periode bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di sejumlah wilayah pesisir,” kata Eko pada Kamis, 26 Oktober 2023.  

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut oleh Pusat Meteorologi Maritim BMKG, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya :

  1. Pesisir Sumatera Utara
  2. Pesisir Sumatera Barat
  3. Pesisir Lampung
  4. Pesisir Banten
  5. Pesisir Jawa Tengah
  6. Pesisir Jawa Timur
  7. Pesisir NTT
  8. Pesisir Maluku

Sebagai catatan, Eko menambahkan bahwa potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda baik dari sisi ketinggian air, serta waktu (hari dan jam) di tiap wilayah. Lihat gambar di bawah ini:  


Lokasi dan waktu potensi Banjir Rob di sejumlah pesisir Indonesia pada periode 27 hingga 31 Oktober 2023-Pusat Meteorologi Maritim BMKG -

Namun secara umum, kenaikan air laut bisa berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. 

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” kata Eko.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: