Harga Pangan Naik tapi Harga BBM Turun, Simak Harga Terbaru 4 November 2023!

Harga Pangan Naik tapi Harga BBM Turun, Simak Harga Terbaru 4 November 2023!

Salah satu SPBU milik Pertamina yang siap melayani masyarakat. -@pertamina-

HARIAN DISWAY - Melambungnya harga pangan bulan ini berbanding terbalik dengan menurunnya harga BBM membuat warga bahagia sekaligus resah.

Naik turunnya harga pangan ini memang membuat warga resah karena penurunan dan peningkatan yang sangat cepat serta tidak meratanya bahan baku yang mengalami inflasi yang terkadang sangat terasa lonjakannya.

Dilansir dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS Nasional), harga pangan yang mengalami kenaikan pada Jumat, 3 November 2023 ada beberapa.

Ada bawang merah ukuran sedang, beras kualitas medium II, beras kualitas super II, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit hijau, cabai rawit merah, gula pasir premium, dan gula pasir lokal.

BACA JUGA: Sudah Masuk Pancaroba, Waspadai 7 Penyakit Ini

Harga terkini menurut PIHPS Nasional adalah bawang merah ukuran sedang Rp 27.800/kg, beras kualitas medium II Rp 14.500/kg, beras kualitas super II Rp 15.450/kg, cabai merah besar Rp 49.600/kg.

Ada cabai merah keriting Rp 58.550/kg, cabai rawit hijau Rp. 57.200/kg, cabai rawit merah Rp 76.150/kg, gula pasir premium Rp 16.850/kg, gula pasir lokal Rp 16.250/kg.

Namun terjadi penurunan harga pada komoditas minyak goreng yang turun di harga Rp. 20.950/kg, minyak curah Rp. 15.250/kg, daging ayam Rp 35.500/kg, telur ayam Rp 28.350/kg, dikutip dari tribunnews.com.

Fenomena ini lantas mendapat tanggapan dari Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada Jumat, 3 November 2023 dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta Pusat yang mengatakan keyakinannya terhadap inflasi yang terjadi akan tetap terkendali meski terdapat risiko di dalamnya.

BACA JUGA: Masyarakat Masih Antusias Bantu Palestina, Presiden Janjikan Bantuan Tahap Kedua Sesegera Mungkin

Sebaliknya, fenomena penurunan harga BBM membuat warga sumringah di tengah kenaikan harga pangan yang beragam, tapi penurunan ini hanya ditujukan pada BBM jenis non subsidi yang memang berpatok pada harga minyak dunia. Apabila harga minyak dunia turun maka harga BBM ikut serta turun.

Dilansir dari laman tribunjabar.id, berikut daftar harga terbaru BBM Pertamina di beberapa wilayah pada Sabtu, 4 November 2023:

1. Provinsi Jawa Timur

- Harga Pertalite: Rp 10.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pihps nasional