Profil Anwar El Ghazi, Pesepakbola yang Dipecat Klub FSV Mainz 05 karena Dukung Palestina

Profil Anwar El Ghazi, Pesepakbola yang Dipecat Klub FSV Mainz 05 karena Dukung Palestina

Anwar El Ghazi saat membela FSV Mainz 05, sebelum dipecat karena mendukung Palestina.--

HARIAN DISWAY - Karier sepak bola Anwar El Ghazi di klubnya FSV Mainz 05 tamat. Ia dipecat pada Jumat 3 November 2023 akibat menyuarakan dukungan terhadap Palestina.

"FSV Mainz 05 mengakhiri hubungan kontrak dengan Anwar El Ghazi dan memberhentikan sang pemain dengan segera pada hari Jumat. Klub mengambil tindakan ini sebagai respons terhadap pernyataan dan unggahan pemain di media sosial,” bunyi pernyataan FSV Mainz 05.

Dengan pemutusan kontrak tersebut, pemain Belanda berdarah Maroko itu kini berstatus bebas transfer.

Anwar El Ghazi bukan kali ini saja menyuarakan dukungannya terhadap Palestina. Sejak ia belum bermain untuk FSV Mainz 05, ia kerap mengambil sikap mendukung Palestina. Ia menentang aksi kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil di Palestina.

"Ini bukan perang, ketika satu pihak memutus air, makanan, dan listrik. Ini bukan perang saat satu pihak memiliki senjata nuklir. Ini adalah genosida dan pembantaian massal dan kita melihatnya secara langsung. Dari sungai sampai ke laut, Palestina akan merdeka,” tulis El Ghazi di akun media sosialnya.

Setelah mendapatkan pemutusan kontrak, Anwar El Ghazi kemudian membuat statemen bahwa ia tetap pada sikapnya.

"Posisi saya tetap sama seperti ketika ini dimulai. Saya menentang perang dan kekerasan. Saya menentang pembunuhan warga sipil yang tidak bersalah. Saya menentang segala bentuk diskriminasi. Saya menentang Islamophobia, saya menentang anti-semitisme. Saya menentang genosida. Saya menentang apartheid. Saya menentang penjajahan. Saya menentang penindasan," tulisnya.

Berikut profil dan perjalanan karier Anwar El Ghazi

Profil Anwar El Ghazi Dikutip dari laman resmi Bundesliga (Liga Jerman), Anwar El Ghazi lahir pada 3 Mei 1995 di Barendrecht.

Itu adalah sebuah kota kecil yang terletak di dekat Rotterdam, Belanda.

El Ghazi memulai kariernya ketika bermain di klub BVV Barendrecht pada 2000-2006. Selanjutnya, dia bermain untuk Feyenoord Rotterdam pada 2006-2008.

Pemain yang kini berusia 28 tahun itu kemudian membela RKSV Spartaan ‘20, dari 2008 hingga 2009. Lalu ia pindah ke Sparta Rotterdam pada 2009-2013.

Pada 2013, El Ghazi sempat bermain di salah satu klub paling sukses di Belanda, Ajax Amsterdam. Ia berada di Ajax selama empat tahun, hingga 2017.

El Ghazi kemudian hijrah ke Perancis. Di sana ia bermain untuk klub Lille OSC.

Tapi petualangan Anwar El Ghazi di Liga Perancis hanya semusim. Setelah itu Anwar El Ghazi mencicipi Liga Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: