FIFA Klarifikasi Ribut-Ribut Rumput JIS di Piala Dunia U-17

FIFA Klarifikasi Ribut-Ribut Rumput JIS di Piala Dunia U-17

Presiden Jokowi dan Gianni Infantino resmikan kantor FIFA tetap Asia Hub di Manara Mandiri II, Senayan, Jakarta-jokowi/Instagram-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akhirnya buka soal kualitas rumput stadion yang digunakan untuk venue Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Sebanyak 4 stadion menjadi tempat bertanding 24 negara di kompetisi FIFA kategori umur itu. 

FIFA menjelaskan bahwa seluruh stadion yang sudah digunakan itu, memang sudah teruji dan layak untuk digunkan untuk bertanding. 

Pasalnya ajang Piala Dunia U-17 itu, pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Sehingga segala persiapan acara itu pun dikebut. Termasuk rumput stadion.

Empat stadion yang digunakan untuk venue adalah Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).  

Baru-baru ini warganet memepertanyakan soal kualitas rumput Jakarta International Stadium (JIS).

Stadion yang dibangun era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu memang jadi sorotan. Awalnya, PSSI menilai kualitas rumput stadion yang tidak berstandar FIFA.

Mereka mengganti rumput secara total dan dikebut. Namun, tampilan rumput JIS di layar kaca tampak buruk. Ribut-ribut soal rumput JIS makin menggelinding. 

Exco PSSI Arya Sinulingga membuat pernyataan tegas. Ia meminta pihak yang mengritik rumput JIS untuk datang sendiri ke stadion. Bukan cuma nonton dari TV.

BACA JUGA:Piala Dunia U-17, Ratu Tisha: Titik Balik Industri Sepak Bola Indonesia

BACA JUGA:Jadwal Pekan Terakhir Piala Dunia U-17: Penentuan Garuda Muda vs Maroko

FIFA pun turun gunung soal rumput JIS. Mereka mengeluarkan pernyataan resmi.

"Stadion yang bakalan paling banyak menyelenggarakan pertandingan hingga 16 kali adalah Jakarta International Stadium (JIS). Menurut FIFA, seiring dengan berjalannya turnamen, JIS sudah teruji dengan optimal dalam skala internasional," tulis FIFA dalam rilis pers tentang stadion venue Piala Dunia U-17. 


Kondisi terkini stadion Jakarta International Stadium, Ancol, Jakarta Utara jelang Piala Dunia U-17 2023-JakPro-

FIFA membeberkan pernyataan bahwa JIS dan 3 stadion lainnya sudah menuai banyak pujian dari tim-tim yang berlaga di kompetisi Piala Dunia U-17. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: