Laris Manis Bak Kacang Goreng, Kereta Whoosh Layani 400 Ribu Penumpang di Bulan Pertama Pengoperasian

Laris Manis Bak Kacang Goreng, Kereta Whoosh Layani 400 Ribu Penumpang di Bulan Pertama Pengoperasian

Menhub Budi Karya Sumadi saat kunjungan evaluasi sebulan pengoperasian kereta whoosh pada Minggu, 19 November 2023-Kemenhub -

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap laporan bulan pertama pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh.

Nyatanya, kereta buatan Tiongkok tersebut laris manis ditunggangi orang. Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), sebulan setelah beroperasi komersial, tercatat pergerakan penumpang tertinggi menembus 21 ribu penumpang dalam sehari.

Sejak dioperasikan, Whoosh sudah melayani 400 ribu penumpang, dengan tingkat okupansi melebihi 95 persen.

BACA JUGA:Cara Memesan Tiket Kereta Api Whoosh Via Aplikasi di Smartphone, bisa dari KAI Acces Sampai Livin' Mandiri

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik antusiasme warga terhadap pengoperasian Kereta Cepat Whoosh. Hal ini diungkapkan Menhub saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta, Minggu 19 November 2023.


Kenaikan tarif Whoosh masih dikaji-Tangkap Layar-

Pada kesempatan ini, Menhub menyapa dan berbincang langsung kepada masyarakat pengguna Whoosh. Masyarakat mengaku puas dan bangga dengan adanya kereta cepat ini.

“Hari ini saya ingin jalan-jalan ke Whoosh ternyata penuh sekali. Pergerakannya sudah sebanyak 36 kali," kata Menhub Budi. 

Sebanyak total 18 rangkaian melesat menuju Bandung dan 18 lainnya ke Jakarta. Yang lebih menggembirakan lagi yang tadinya naik mobil ke Bandung atau Jakarta, pindah naik Whoosh. 

BACA JUGA:Resmikan Kereta Cepat, Jokowi Ganti Kata Handal dalam Akronim WHOOSH Menjadi Hebat

"Ini yang dimaksud tujuan Presiden Jokowi untuk menjadikan ini kereta api massal,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, banyak masyarakat yang menjadikan Whoosh sebagai tujuan wisata

Ia mencontohkan, masyarakat Bandung banyak yang memilih ingin merasakan naik Whoosh. "Begitu tiba di Jakarta, mereka langsung menjajal LRT yang terkoneksi dengan Whoosh. Lalu mereka wisata kuliner dan kemudian balik kembali ke Bandung pada hari yang sama, " tuturnya. 


Allan Tandiono di samping moncong Whoosh, kereta cepat Jakarta-Bandung, di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta, 8 November 2023-Raka Denny-Harian Disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: