RKT Program The Child Friendly Cities Initiative UNICEF Resmi Dicanangkan di Kota Surabaya

RKT Program The Child Friendly Cities Initiative UNICEF Resmi Dicanangkan di Kota Surabaya

Dari kiri ke kanan Yoshimi Nishino selaku Kepala Kebijakan Sosial UNICEF Indonesia dan Wali Kota Eri Cahyadi ST MT. --

HARIAN DISWAY - Pemerintah Kota Surabaya, UNICEF Indonesia, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menandatangani Rencana Kerja Tahunan (RKT) Program Child Friendly Cities Initiative (CFCI) 2023 pada Selasa, 14 November 2023, di Gedung Barat Balai Pemuda.

CFCI adalah inisiatif global yang dipimpin oleh UNICEF untuk mendukung pemerintah daerah dalam merealisasikan hak-hak anak di tingkat lokal dengan menggunakan Konvensi Hak Anak sebagai dasarnya. 

Program CFCI ini bertujuan untuk mendukung upaya Pemkot Surabaya dalam mewujudkan visi Kota Surabaya sebagai Kota Layak Anak, yaitu kota yang memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak dari segala bentuk kekerasan, diskriminasi, dan eksploitasi.

BACA JUGA: Student Visit ke Singapura dan Malaysia, SMATAG Surabaya Pamer Budaya Indonesia

Program CFCI ini akan fokus pada lima area prioritas. Pertama, peningkatan kualitas layanan kesehatan, pendidikan, dan perlindungan anak. Kedua, penguatan partisipasi anak dalam perencanaan, penganggaran, dan pengawasan pembangunan.
Atas kerja sama yang terjalin, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, ST, MT, menyampaikan apresiasinya. --

Ketiga, peningkatan kapasitas dan koordinasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam membangun kota layak anak. Keempat, peningkatan kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap hak-hak anak, dan kelima peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan data terkait situasi anak di Kota Surabaya.

Atas kerja sama yang terjalin, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, ST, MT, menyampaikan apresiasinya. Ia menekankan bahwa anak-anak adalah aset dan harapan bangsa, sehingga perlu diberikan perhatian dan perlindungan khusus. 

Ia mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mendorong pembangunan yang berpihak pada anak di Kota Surabaya. Kesepakatan yang terjalin adalah bukti dukungan dan bantuan kepada Pemkot Surabaya dalam mewujudkan visi kami sebagai Kota Layak Anak.

“Kami berharap Program CFCI ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi anak-anak di Kota Surabaya, khususnya dalam hal kesehatan, pendidikan, dan perlindungan,” katanya. 

“Kami mengajak semua stakeholder, baik pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha, untuk bersama-sama membangun Surabaya sebagai kota yang ramah, aman, dan sejahtera bagi anak-anak,” lanjutnya.

Sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk usia 0-18 tahun sebanyak 829.348 orang, Surabaya memiliki komitmen untuk menjadi tempat yang ramah anak.

Hal ini dikaitkan dengan visi “gotong royong menuju kota dunia yang maju, humanis dan berkelanjutan” yang dituangkan dalam misi perwujudan kesejahteraan anak, pembentukan anak dengan SDM unggul, peningkatan infrastruktur untuk anak, pembangunan layanan publik ramah anak, dan perlindungan hukum bagi anak. 

Sementara itu, Kepala Kebijakan Sosial UNICEF Indonesia Yoshimi Nishino mengucapkan selamat kepada Pemkot Surabaya sebagai kota pertama yang bergabung dengan CFCI di Indonesia. 

Surabaya selama ini telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang luar biasa dalam perencanaan yang inklusif, alokasi anggaran untuk anak-anak, dan hasil yang mengesankan dalam perbaikan kesehatan anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: