Ini Nih Beragam Program dari Shopee yang Berdayakan Brand Lokal dan UMKM!
Dengan kemajuan teknologi digital, para pelaku UMKM dan brand lokal memiliki ruang untuk tumbuhkan potensi bisnis-Boy Slamet-Harian Disway-
Sehingga secara tidak langsung menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu produk incaran lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye 11.11.
Tidak hanya itu, demi menciptakan hubungan pembeli dan penjual terutama brand lokal dan UMKM yang lebih dekat, ragam fitur seperti Shopee Live menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi langsung secara real-time. Memungkinkan pembeli untuk bertanya tentang produk, dan bahkan melihat demonstrasi produk secara lebih jelas demi meningkatkan kepercayaan menjadi daya tarik tersendiri.
Antusiasme ini terlihat dari peningkatan jumlah sesi Shopee Live yang dihadirkan oleh brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye 11.11 hingga 6 kali lipat. Aspek ini semakin menunjukan lewat live streaming kini telah menjadi wadah untuk penjual dalam membangun komunitas dengan para pelanggan.
Komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM
Memperkuat potensi merupakan langkah lanjutan guna menciptakan bisnis yang berkesinambungan. Melalui komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, Shopee juga menghadirkan serangkaian program. Salah satunya yaitu Kampus UMKM Shopee & Kampus UMKM Shopee Ekspor yang hadir sebagai one-stop solution bagi UMKM untuk meningkatkan kualitas dan merambah pasar dunia.
Selain itu, Program Ekspor Shopee dapat menjadi salah satu strategi untuk memperluas bisnis ke pasar luar negeri. Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee dimana tercatat peningkatan pesanan ekspor yang mencapai lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale.
Program Ekspor Shopee bukan hanya pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, namun juga alat untuk memperkuat strategi bisnis. Tentunya para brand lokal dan UMKM akan dibimbing mengenai bagaimana memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sambil mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi kedepannya. Dan diharapkan melalui program inovatif yang Shopee hadirkan dapat dengan senantiasa membantu para brand lokal dan UMKM semakin maju.
Pertumbuhan Brand Lokal dan UMKM Bersama Shopee
Sebagai bentuk komitmen dari perwujudan misi dalam memberdayakan Brand Lokal dan UMKM, berbagai inisiatif yang Shopee hadirkan tidak hanya bertujuan untuk mendukung pelaku bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia. Namun juga memberikan kesempatan setara dalam pengembangan usaha dan peningkatan daya saing bisnis melalui pemanfaatan teknologi.
Faktanya keunggulan dan keuntungan berbelanja pengguna juga memberikan dampak positif bagi mitra brand lokal di setiap kampanye, termasuk kampanye 11.11 Big Sale yang lalu. Menjadi kekuatan yang saling menguntungkan antara Shopee dan penjual.
Dampak positif ini turut dirasakan bagi mitra brand lokal Benang Jarum yang berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Telah bergabung bersama Shopee sejak tahun 2020, sang pemilik brand Allyssa Hawadi, Co-Founder Benang Jarum mengungkapkan bahwa menjadi bagian dari kemeriahan 11.11 Big Sale tentunya merupakan salah satu strategi efektif yang memang Benang Jarum manfaatkan.
"Kami senang bisa tumbuh bersama dan merasakan atmosfer positif dari para pengguna Shopee untuk brand kami sejak awal bergabung. Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini bukan hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini," jelas Allyssa.
"Tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas. Kami harap kedepannya Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama,” lanjut Allyssa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: