Unair Bersholawat untuk Kedamaian

Unair Bersholawat untuk Kedamaian

SUASANA acara Unair Bersholawat. -unair.ac.id-

SUASANA halaman depan Kantor Manajemen Universitas Airlangga, kampus C, di malam hari, Rabu, 20 Desember 2023, benar-benar berbeda dari biasanya. Bayangkan, sekitar 10 ribu jamaah yang terdiri atas para santri, mahasiswa, tenaga kependidikan, dosen, dan para pimpinan Universitas Airlangga berkumpul jadi satu. 

Semua bersholawat, memuja dan memuji nama Allah SWT dan Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Para santri dan semua hadirin memenuhi hampir semua sudut halaman Kantor Manajemen Unair


BAGONG Suyanto di acara Unair Bersholawat.-Dok Pribadi-

Unair Bersholawat. Acara itu diselenggarakan dalam rangka penutupan peringatan Dies Natalis Ke-69 Universitas Airlangga. Di acara Unair Bersholawat hadir Habib Ali Zaenal Abidin dan Majelis Az Zahir yang terkenal di tanah air. 

Reputasi Habib Bidin, panggilan akrab Habib Ali Zaenal Abidin, sudah sangat populer di kalangan para santri, khususnya di kalangan Majelis Az Zahir. Mereka disebut Zahir Mania. 

Ulama yang diundang untuk memberikan tausiah di acara Unair Bersholawat adalah Gus Reza dari Pondok Pesantren Lirboyo. Ulama muda itu tak kalah populer jika dibandingkan dengan Gus Bidin.


Ilustrasi Gus Reza dari Pondok Pesantren Lirboyo.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway- 

Kedua tokoh itu sengaja diundang ke Universitas Airlangga untuk memberikan wejangan, motivasi, dan memimpin lantunan sholawat yang penuh khidmat. Semua yang hadir di malam itu bisa dipastikan dapat merasakan suasana khusyuk, khidmat, dan magis. Pasrah, bergembira, memuja-muji Allah dan rasul, berdoa, semua bercampur menjadi satu.

 

Intellectual Person

Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Muhammad Nasih, dalam sambutannya, menyatakan bahwa acara Unair Bersholawat sengaja digelar sebagai ucapan rasa syukur atas semua yang telah dilalui dan dicapai Universitas Airlangga. 

Acara Unair Bersholawat, menurut rektor, bukan sekadar bagian dari peringatan Dies Natalis Ke-69 Unair, melainkan itu juga lantunan pujian dan doa kepada Allah SWT dan Kanjeng Nabi Muhammad SAW agar selalu memberikan berkah dan menjaga kedamaian bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Di tengah situasi politik yang sedang memanas, disadari bahwa kondisi masyarakat Indonesia bukan tidak mungkin terpancing suasana kontestasi yang panas. Masyarakat yang terpecah-belah menurut ideologi politik dan figur yang didukung rentan terprovokasi dan terjerumus dalam konflik yang berkepanjangan. 

Dengan menggelar acara Unair Bersholawat, diharapkan semua ancaman itu akan dapat tereliminasi. Indonesia damai, rakyat tetap guyub rukun, dan semua menjadi dewasa dalam menyikapi persoalan politik adalah doa yang dilantunkan di malam hari Rabu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: