Nawa Bhakti Satya, Bukti Nyata Kepemimpinan Khofifah-Emil

Nawa Bhakti Satya, Bukti Nyata Kepemimpinan Khofifah-Emil

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menunjukkan STNK yang bisa diprint mandiri oleh wajib pajak.-Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Di bawah kepemimpinan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Provinsi Jawa Timur dipenuhi inovasi dalam pelayanan publik. Menjelang lima tahun masa kepemimpinan beliau, beragam penghargaan sebagai apresiasi atas inovasi yang telah dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Bapenda Jatim) telah diraih. Inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik itu sangat memudahkan masyarakat.  Salah satu indikasinya adalah realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selalu mencapai target yang ditetapkan. 


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam upaya peningkatan pendapatan desa dengan membuat Samsat Badan Usaha Milik Desa (Samsat Bunda).-Humas Pemprov Jatim-

Nawa Bhakti Satya sebagai semangat pembangunan Jawa Timur yang dicanangkan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjiwai langkah Bapenda Jatim sebagai tulang punggung pemungutan pajak daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemungutan pajak daerah berupa pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan pajak air permukaan dilaksanakan dengan mewujudkan pelayanan yang terbaik dan transparan.

Inovasi Bapenda Jatim dibawah kepemimpinan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak antara lain: 

1. Pembayaran Pajak Kendaraan melalui marketplace seperti Indomaret dan Alfamart. 

2. Samsat Bunda merupakan layanan pembayaran PKB tahunan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Inovasi Samsat Bunda ini membuat masyarakat di desa lebih mudah mengakses layanan dari Pemprov Jatim. Pembayaran PKB melalui BumDesa secara tidak langsung juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa karena BumDesa akan mendapat keuntungan dalam setiap transaksi. 


Peluncuran pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan cara QRIS di Jawa Timur bisa mendongkrak pendapatan dari sektor ini.-Humas Pemprov Jatim-

3. Samsat 4.0 ini merupakan transformasi digital dari layanan ATM Samsat yang pada 2015 silam mendapatkan penghargaan TOP 25 Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik). Samsat 4.0 mendapat penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kementerian PAN-RB kategori Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dalam KIPP 2021. Samsat 4.0 juga menerbitkan Tanda Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan yang disahkan secara elektronik (e-TBPKP) menggunakan QR-Code. Pembayaran pajak lewat Samsat 4.0 saat ini bisa dilakukan lewat sejumlah platform seperti Tokopedia, Linkaja, Klik Indomart, Gopay, dan Griya Bayar BTN.  

4. Samsat One Pesantren One Product (OPOP) merupakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Pondok Pesantren, bekerjasama dengan Samsat dan Bank Jawa Timur. Program ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Inovasi ini merupakan wujud pemberdayaan pondok pesantren yang ikut membantu dalam mewujudkan pelayanan yang dekat dan cepat bagi masyarakat. Inovasi ini melengkapi kinerja Samsat dalam upaya mendongkrak penerimaan pajak daerah. 


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengumumkan pemenang undian umrah bagi wajib pajak yang taat bayar pajak tepat waktu.-Humas Pemprov Jatim-

5. ATM Samsat QRIS layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan yang dapat dilakukan secara mandiri oleh Wajib Pajak menggunakan QRIS di ATM yang berada di tempat-tempat terjangkau masyarakat, seperti Mall Pelayanan Publik (MPP), kantor pos, pertokoan, maupun kantor pemerintah di Kabupaten/Kota.

Selain itu, dalam masa kepemimpinannya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa setiap tahun  memberikan reward tabungan umroh kepada 40 sampai dengan 50 wajib pajak patuh sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang tertib dan taat dalam memenuhi kewajiban membayar Pajak Kendaraan Bermotor. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: