Kunjungi Banda Aceh, Prabowo dan SBY Peringati 19 Tahun Tsunami Aceh

Kunjungi Banda Aceh, Prabowo dan SBY Peringati 19 Tahun Tsunami Aceh

Kunjungan Prabowo Subianto di Aceh bersama relawan Demokrat..--

HARIAN DISWAY – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto mengunjungi Banda Aceh, Aceh, bersama Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Selasa, 26 Desember 2023.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperingati tragedi bencana alam tsunami yang menimpa Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.

Prabowo dan SBY tiba di Hotel Hermes, Banda Aceh, pukul 10.25 WIB. Pada kesempatan tersebut, terlihat SBY yang mengenakan kemeja batik bernuansa ungu, sedangkan Prabowo mengenakan kemeja berkelir krem, meskipun tak lama kemudian Prabowo mengganti pakaiannya menjadi batik bernuansa cokelat.

Keduanya tak lupa menggunakan peci sebagai pelengkap busana masing-masing. Prabowo dan SBY kemudian memasuki venue acara bersama para ulama.

Pada lokasi yang sama, juga terlihat Ketua Umum (Ketum) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya. Para kader dari Demokrat dan Gerindra juga ikut hadir untuk meramaikan acara.

BACA JUGA:AMPI Manado Bulatkan Tekad Menangkan Pasangan Prabowo-Gibran

"Hari ini 26 Desember 2023 tepat 19 tahun tragedi kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah yaitu tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 di Aceh yang lalu dan tentu di hari yang baik untuk kita peringati peristiwa besar itu," kata AHY di lokasi.

Menurut AHY, bencana tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam tak hanya sekadar bencana yang merusak. Ia mengatakan, ada hikmah yang dapat dipetik dari kejadian menyedihkan itu.

"Dan apa hikmah besarnya untuk bukan hanya masyarakat Aceh tapi juga bangsa Indonesia, termasuk tidak terlepas dari konteks itu, kita memperingati perdamaian Aceh yang kita nikmati sampai hari ini," kata AHY.

"Semangatnya adalah bagaimana Aceh bisa melampaui itu semuanya setelah konflik yang berkepanjangan puluhan tahun dan tsunami yang menimpa Aceh dan setelah itu tercipta rekonstruksi dan stabilisasi sehingga Aceh kini wajahnya sangat berbeda, menjadi wajah yang damai, dan tumbuh, maju berkembang dan sejahtera," lanjutnya.

BACA JUGA:Inilah Alasan Fahri Hamzah Ajak Rakyat Aklamasi Pilih Prabowo Gibran

AHY kemudian menanggapi tentang kehadiran Prabowo dalam acara tersebut. Ia mengatakan, Prabowo secara khusus dan special diundang sebagai seorang Menteri Pertahanan negara.

Acara yang memang dimaksudkan untuk memperingati 19 tahun bencana tsunami Aceh tersebut sekaligus untuk mempererat rasa persatuan dan perdamaian di Aceh dan di Indonesia.

Ia juga menambahkan, para ulama dan tokoh masyarakat setempat juga turut hadir di acara ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: