Ridwan Kamil Kembali Buat Prabowo Kuasai Jabar

Ridwan Kamil Kembali Buat Prabowo Kuasai Jabar

Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat dan Capres Prabowo Subianto.--

HARIAN DISWAY - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai bakal menguasai Jawa Barat (Jabar) kembali pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Salah satu faktor karena Prabowo disokong oleh mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Tanah Pasundan. 

Pengamat Politik Universitas Dian Nusantara Tamil Selvan mengatakan, Ridwan Kamil dapat menjadi magnet elektoral bagi Prabowo. Menurutnya, Ridwan Kamil memiliki pengaruh yang kuat di masyarakat Jabar. “Saya lihat bahwa sosok Ridwan Kamil nih sebagai magnet utama elektoral Prabowo,” kata Tamil dalam keterangannya, Selasa, 2 Januari 2024.

Selain faktor Ridwan Kamil, Prabowo di Jabar masih sangat kuat. Hal itu tidak terlepas dari upaya Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut dalam merawat hubungan baik dengan masyarakat Jabar selama ini. 

Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan air bersih di sejumlah wilayah di Jabar. Terbaru, Prabowo membangun lima titik air bersih di wilayah Kabupaten Kuningan yang tersebar di sejumlah desa seperti Desa Pamupukan, Desa Cipedes, Desa Cirukem, Desa Sumberdaya, dan Desa Pakapasan Girang. 

BACA JUGA:Tiba di Ponpes Genggong, Prabowo Disambut Seruan Presiden

BACA JUGA:Pimpinan Ponpes Genggong: Hidup Prabowo Sudah Diwakafkan untuk Indonesia

Dampaknya pun terlihat dari tingginya elektabilitas Prabowo bersama wakilnya yakni Gibran Rakabuming Raka di Jabar. Berdasar survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 23-24 Desember menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 58,5 persen. 

Elektabilitas tersebut mengalahkan pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 18,3 persen dan duet koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 15,5 persen. 

Maka dari itu, dia menyebut bukan hal mustahil jika Prabowo bakal menang sebesar 60 persen di Jabar. Sebab, Prabowo memiliki modal kemenangan yang kuat di Jabar. “Kalau 60 persen saya kira itu realistis saya. Kenapa? karena di setiap beberapa kali pilpres, suara Pak Prabowo unggul telak di wilayah jawa barat,” pungkas Tamil. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: