Anies Puji Masyarakat Samarinda yang Bisa Bedakan Mana Keinginan Mana Kebutuhan

Anies Puji Masyarakat Samarinda yang Bisa Bedakan Mana Keinginan Mana Kebutuhan

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara mengenai keinginan membangun IKN dan kebutuhan berbagai masalah masyarakat yang jauh lebih urgent untuk diselesaikan lebih dulu dibandingkan IKN. -AMIN-

SAMARINDA, HARIAN DISWAY - Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara mengenai keinginan membangun IKN dan kebutuhan berbagai masalah masyarakat yang jauh lebih urgent untuk diselesaikan lebih dulu dibandingkan IKN.

Hal itu diungkapkannya dalam momen Desak Anies di Tepi Sungai Mahakam, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis 11 Januari 2024. “Masyarakat di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur, punya masalah-masalah urgent yang harus diselesaikan. Masalah-masalah urgent ini harus dibereskan,” ujar Anies, Kamis 11 Januari 2024. 

BACA JUGA: Bangun Kota Samarinda, Anies Rencanakan Transportasi Umum hingga Revitalisasi Lubang Tambang

Menurut dia, jangan kita membangun sesuatu, seakan-akan kita mengalihkan persoalan dari permasalahan yang sesungguhnya. “Bagaimana masalah lingkungan itu nyata di sini. Kalau sudah musim penghujan, air dari Sungai Mahakam naik, banjir," katanya.

"Saya melihat ada kebutuhan yang harus diselesaikan yang lebih urgent daripada membangun satu tempat yang hanya digunakan untuk kegiatan pegawai pemerintah. Bukan pusat perekonomian, tetapi pegawai pemerintah yang akan di situ. Tempat lain tidak merasakan apa-apa,” jelas Gubernur Jakarta 2017-2022 ini. 

Anies mengungkapkan, bukan soal menolak atau tidak. “Tetapi anggaran kita terbatas. Mari kita gunakan anggaran itu membangun yang senyatanya dibutuhkan masyarakat di Kalimantan," katanya.

"Salah satunya kami berencana membangun jalur kereta dari Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin sampai ke atas. Supaya Kalimantan tersambungkan. Hari ini Kalimantan itu tidak tersambungkan. Untuk pergi ke Banjarmasin harus terbang ke Surabaya,” tegas Anies. 

BACA JUGA: Transisi Energi Terbarukan, Anies: Nasib Pekerja Tambang Juga Harus Dipikirkan

Menurut Anies, begitu transportasinya tersambungkan, perekonomian tersambungkan, maka kemajuan akan terjadi di Kalimantan. 

“Belum lagi pendidikan. Puluhan ribu sekolah rusak di Kalimantan. Apakah itu dibiarkan? Itu harus dibangun. Selama kita tidak fokus di pendidikan, jangan harap masa depan anak-anak kita menjadi lebih baik. Lalu kesehatan,” paparnya. 

Anies mengungkapkan hal-hal mendasar kebutuhan rakyat Indonesia saat ini jauh lebih penting daripada penyelesaikan IKN. 

“Kita harus bisa membedakan mana keinginan, mana kebutuhan. Yang harus kita selesaikan segera adalah kebutuhan. Bukan hanya satu lokasi (dibangun), tetapi semua lokasi yang ada di Kalimantan,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: