Cheng Yu Pilihan Pengusaha Restoran Asal Tiongkok Li Ning: Chuo Li Feng Fa

Cheng Yu Pilihan Pengusaha Restoran Asal Tiongkok Li Ning: Chuo Li Feng Fa

Cheng yu pilihan pengusaha restoran asal Tiongkok Li Ning: chuo li feng fa. -HARIAN DISWAY-

TENTU Anda sudah hafal di luar kepala ungkapan bahwa pemuda adalah agent of change, agen perubahan. Sebab, walau bagaimanapun, yang tua akan kian tak bertenaga seiring bertambahnya usia –sedangkan perubahan membutuhkan tidak hanya kekuatan mental, tapi juga kekuatan fisik sebagai penopangnya.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Sekretaris Yayasan Pendidikan Cendekia Utama Dr Meithiana Indrasari ST MM: Mou Shi Zai Ren, Cheng Shi Zai Tian

Mungkin karena itulah Bung Karno pernah menyatakan dengan berapi-api, "Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncang dunia."

Dalam khazanah susastra Tiongkok klasik, juga dikenal pitutur terkait yang dikutip dari karya sastra zaman Dinasti Song. Bunyinya, "长江后浪推前浪" (cháng jiāng hòu làng tuī qián làng). Artinya kira-kira: ombak yang datang belakangan, akan menggantikan ombak yang datang lebih awal.

Dalam artian, kelak ketika tiba waktunya, yang tua memang akan digantikan posisinya oleh yang muda. Namun, seseorang bisa dikatakan tua atau muda tidaklah melulu diukur dari usia.

Anda pasti pernah berjumpa dengan orang yang kalau dilihat dari umurnya tidaklah tua, tetapi dari kematangan berpikir dan kebijaksaan bersikap, mengalahkan yang telah berumur jauh di atasnya. 

Pun, barangkali tak jarang pula Anda temui orang yang yang tampak tua bila dilihat dari rambutnya yang telah memutih atau keningnya yang telah berkerut, tetapi jiwa dan semangatnya tak kalah dengan yang masih berusia di bawah 35 tahun –sehingga terus mengukir prestasi gemilang dalam banyak hal.

Makanya, "Saya berprinsip untuk menjadi orang yang '永远追风的少年' (yǒngyuǎn zhuī fēng de shàonián): selamanya berjiwa muda dan bersemangat untuk mengejar cita-cita," kata Li Ning. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Fashion Educator Aryani Widagdo: Xue Hai Wu Ya

Alasannya sederhana. "Menurut saya, selama hidup, kita semua akan selalu berada dalam sebuah perjalanan untuk mengejar sesuatu. Makanya, jiwa kita harus selalu muda," terang pengusaha restoran asal Tiongkok yang ribuan gerainya buka di Tiongkok dan puluhan gerainya buka di mancanegara tersebut.

Dari situlah, Li Ning mengajak kita untuk "踔厉风发" (chuō lì fēng fā): senantiasa bersemangat seperti angin yang bertiup kencang. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: