Cheng Yu Pilihan Notaris Ranti Nursukma Handayani SH: Feng Nian Yu Huang Nian Gu

Cheng Yu Pilihan Notaris Ranti Nursukma Handayani SH: Feng Nian Yu Huang Nian Gu

Cheng yu pilihan notaris Ranti Nursukma Handayani: feng nian yu huang nian gu. -HARIAN DISWAY-

SEBAGAI manusia, kita harus memahami bahwa keberadaan kita tidak terlepas dari keterkaitan dengan lingkungan dan makhluk hidup lainnya.

Bila boleh dideskripsikan dengan potongan hadis, antara manusia dengan lingkungan dan makhluk hidup lainnya adalah "matsalul jasad" (bagaikan satu tubuh).

Karena satu kesatuan, "idzasyatakaa minhu 'udhwun, tadaa'aa saa'irul jasad bissahri walhummaa" (maka apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, seluruh tubuh akan ikut merasakan sakitnya).

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Pengusaha Asal Tiongkok Suki Peng: Ji Shi Xing Le

Karena itulah, Notaris Ranti Nursukma Handayani SH, menjadikan "menjadi manusia yang bermanfaat bagi semua makhluk hidup" sebagai pedoman hidupnya.

Persis yang sejak ribuan tahun lalu diajarkan pepatah Tiongkok, "丰年玉荒年谷" (fēng nián yù huāng nián gǔ): menjadi orang yang membawa manfaat bagi sesama dalam segala situasi dan kondisi. 

Tentu, untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi semua, memerlukan kesadaran akan dampak tindakan kita terhadap alam, manusia, dan makhluk hidup lainnya.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Penerjemah Teknik di Fichtner Consulting Indra Setya Ridfan: Ji Ye Cheng Qiu

Inilah mengapa etika tak dapat diabaikan dalam interaksi kita dengan alam sekitar. Melindungi lingkungan, menjaga keanekaragaman hayati, dan mengurangi jejak ekologis adalah langkah-langkah konkret yang dapat diambil.

Dengan menjalani gaya hidup yang berkelanjutan, kita dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan planet ini. Selain itu, empati jelas juga perlu dikedepankan.

Membantu mereka yang membutuhkan, menyebarkan kebaikan, dan menciptakan lingkungan sosial yang mendukung, merupakan bentuk kontribusi nyata.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Pimpinan Vihara Satrya Dharma, Teluk Gong, Jakarta Barat Ami S. Winata: Xue Wu Zhi Jing

Kita dapat membangun komunitas yang inklusif dan saling mendukung, sehingga kehidupan bersama menjadi lebih bermakna. Dalam perspektif yang lebih luas, menjadi manusia yang berguna juga mencakup tanggung jawab terhadap generasi penerus.

Mendidik dan memberikan contoh positif kepada anak-anak kita tentang nilai-nilai moral, etika, dan keberlanjutan, akan membentuk masyarakat yang lebih baik di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: