Sultan HB X Ungkap Bahas Banyak Hal Bersama Prabowo-Gibran

Sultan HB X Ungkap Bahas Banyak Hal Bersama Prabowo-Gibran

Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran dan Sultan Hamengku Buwono X usai pertemuan di Kompleks Kepatihan, Senin, 22 Januari 2024.--

HARIAN DISWAY - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kedatangan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Dalam pertemuan lebih dari satu jam itu, keduanya disebut membahas banyak hal.

Prabowo-Gibran dan Ngarsa Dalem bertemu sekitar 1 jam 15 menit di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Kota Jogja. Pertemuan ketiganya berlangsung tertutup.  Usai pertemuan, ketiganya tampak keluar Gedhong menemui awak media dengan formasi Sultan dan Prabowo berjalan berdampingan dan Gibran mengikuti di belakang. 

Kepada awak media, Sultan HB X mengungkapkan dia dan paslon dari Koalisi Indonesia Maju tersebut membahas banyak hal. Ngarsa Dalem menegaskan bahwa pertemuan mereka dalam rangka menyambut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.  "(Pertemuan) Pak Prabowo sama Pak Gibran ini, ya ngobrol-ngobrol aja, ngobrol ke sana kemari," jelas Sultan kepada wartawan, Senin, 22 Januari 2024.

BACA JUGA:Elektabilitas Prabowo-Gibran 52 Persen, Berpeluang Menang Satu Putaran

BACA JUGA:PCNU Semarang Dukung Prabowo-Gibran: Instruksi PBNU untuk Satu Putaran Pilpres

"Nanti kalau nggak (memberi tahu) ngomong macem-macem ndak percaya temen-temen ya to, kita memang ngobrol macem-macem. Karena memang dalam rangka Pilpres," ujarnya menambahkan.  Sultan menekankan, topik yang mereka bahas merupakan hal umum. Dia menyatakan, mereka bertiga saling bertukar pikiran.

"Tapi semua itu kita bicarakan secara umum, dalam arti ya kita tukar pikiran saja. Kita tidak ada pembahasan yang khusus," jelas Sultan.  Sebelumnya, Sultan diketahui juga menerima kunjungan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu. Sultan menegaskan dirinya tidak masuk ke dalam kampanye. 

"Nah kalau Pilpresnya, kampanyenya, dan sebagainya ya monggo. Karena saya bukan bagian dari itu," pungkasnya. 

Prabowo sendiri dalam jumpa pers menerangkan, dia dan Gibran datang menemui Sultan untuk meminta izin. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Ngarsa Dalem atas pertemuan itu.  "Jadi sesuai budaya kita adat kita kalau mau masuk ke suatu tempat kita datang ke yang paling tua, jadi kami mohon izin gitu, Pak," ujar Prabowo kepada wartawan, Senin, 22 Januari 2024.

BACA JUGA:Erick Thohir Terang-terangan Dukung Prabowo-Gibran

BACA JUGA:Prabowo Paparkan Makna Demokrasi: Rakyat yang Berkuasa

"Yang penting kami berterima kasih dapat diterima oleh Ngarsa Dalem dalam keadaan yang baik, kami mohon waktu dan tadi hanya sowan, juga melaporkan, minta izin masuk ke daerah lah," imbuhnya.  Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI tersebut melanjutkan, dia dan Gibran juga mendapatkan banyak pandangan dari Sultan.

"Dapat juga tadi pandangan-pandangan beliau tentang beberapa masalah, terutama juga masalah masa depan, masalah teknologi dan sebagainya," jelasnya. 

"Beliau kasih wejangan-wejangan yang kami terima juga minta pandangan-pandangan beliau tentang beberapa hal," ujar Prabowo menambahkan.  Dalam jumpa pers ini, Gibran sama sekali tak memberikan pernyataan. Usai memberikan pernyataan kepada awak media, keduanya langsung berpamitan kepada Sultan dan meninggalkan lokasi. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: