Arahan PCNU Semarang Pilih Paslon Tertentu, Anies Pertanyakan Netralitas PBNU

Arahan PCNU Semarang Pilih Paslon Tertentu, Anies Pertanyakan Netralitas PBNU

Calon presiden nomor urut 1 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berkampanye di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 23 Januari 2024. -AMIN-

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAY - Calon presiden nomor urut 1 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berkampanye di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 23 Januari 2024. 

Dalam kesempatan itu, capres Anies menanggapi pertanyaan wartawan mengenai adanya instruksi dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Semarang untuk mendukung Prabowo-Gibran yang disebut-sebut sebagai amanat dari PBNU. 

BACA JUGA: Dukungan Kultural untuk Anies Baswedan: Waldjinah Titipkan Batik Wahyu Tumurun

Menurut Anies, PBNU sebagai salah satu institusi atau organisasi keagamaan terbesar di Indonesia sudah menegaskan netral di dalam perhelatan pilpres 2024, sehingga instruksi PBNU untuk netral tersebut seharusnya diikuti oleh segenap unsur di bawahnya.

“Lho bukannya instruksinya seharusnya netral? Jadi biar diselesaikan secara internal,” ujar Anies. Namun, Anies menilai instruksi netral itu harus benar-benar ditegakkan oleh PBNU.

BACA JUGA: Beri Ucapan Ulang Tahun, Anies Puji Megawati sebagai Sosok yang Konsisten Menjaga Demokrasi Indonesia

“Tapi lagi-lagi yang namanya instruksi netral itu harus disiplinkan. Kalau ada yang melanggar dan diamkan berarti dibolehkan. Jadi rakyat kita kritis, rakyat kita sudah sangat punya akses informasi.  Janganlah rakyat itu diberikan pemandangan yang mengganggu akal sehat,” tegas Anies. m()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: