Kereta Otonom IKN Mengaspal Agustus 2024, Begini Penampakannya

Kereta Otonom IKN Mengaspal Agustus 2024, Begini Penampakannya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal Kereta Otonom ART di Tiongkok-Kemenhub-

HARIAN DISWAY– Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dilengkapi dengan kereta otonom alias Autonomous Rail Transit (ART). Rencananya, mulai mengaspal pada Agustus 2024.

Kereta otonom nantinya akan beroperasi di atas aspal tanpa rel. Berjejer dengan kendaraan darat lainnya. Digerakkan dengan magnet seperti halnya kereta cepat Whoosh.

“Lokasinya nanti di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Kamis, 25 Januari 2024. Pembangunan rutenya berlangsung dalam dua fase.

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Diuji Coba Juli 2024

Satu set kereta buatan Tiongkok ini terdiri dari dua gerbong. Total kapasitasnya bisa menampung 324 penumpang. Memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam. Namun, kecepatan operasional maksimal 40 km/jam.

“Jadi, kereta ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Seperti Whoosh, tapi tanpa rel,” jelas Budi.

Kemenhub telah menjajaki kerjasama dengan Tiongkok untuk membangun kereta otonom di IKN. Yakni melalui China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC).


Tampilan dalam Kereta Otonom buatan Tionngkok yang akan dioperasikan di IKN-Kemenhub-

Budi pun kembali berkunjung ke Beijing menemui Menteri Transportasi Republik Rakyat China Li Xiaopeng, Rabu, 24 Januari 2024. 

Pertemuan tersebut membahas peluang peningkatan kerja sama bilateral di sektor transportasi. Dia menyampaikan keinginan pemerintah Indonesia untuk menggunakan satu set Kereta Otonom dari CRRC untuk pengoperasiannya di IKN.  

BACA JUGA:Jalan Tol Akses Menuju IKN Tahap 1 Ditargetkan Rampung Juli 2024

Dikabarkan, kereta otonom itu bakal diboyong ke Indonesia sebagai etalase pameran yang akan diselenggarakan di IKN sekitar Juli 2024. Ini menjadi ajang demonstrasi kemampuan dari Kereta Otonom.

Budi dan sejumlah jajaran Kemenhub juga sempat menjajal kereta otonom. Ukurannya memang panjang. Tetapi, lebarnya cuma dua langkah orang dewasa. Marka jalan selebar 5 meter.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: