Prabowo-Gibran Menang Quick Count di Jatim, Pengamat Sebut Peran Gerindra

Prabowo-Gibran Menang Quick Count di Jatim, Pengamat Sebut Peran Gerindra

Pengamat politik Universitas Airlangga Fahrul Muzaqqi.-Istimewa-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pengamat Politik Universitas Airlangga Fahrul Muzaqqi mengatakan, kemenangan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tak bisa dilepaskan dari peran dan kerja partai utama penyokongnya, yaitu Gerindra.

Menurut Fahrul, peta kekuatan koalisi parpol dalam Pilpres 2024 menjadi kesempatan emas bagi Gerindra. Mereka seharusnya bisa memanfaatkan peluang atas tren turunnya elektabilitas PDI Perjuangan.

"Di samping memanfaatkan coattail effect Prabowo sebagai ketum sekaligus Capres," ungkapnya di Surabaya, Kamis, 14 Februari 2024.

BACA JUGA:Catat! Ini Perbedaan Quick Count, Real Count, dan Exit Poll dalam Pemilu 2024

Fahrul juga memuji langkah strategis Gerindra Jatim di bawah kepemimpinan Anwar Sadad alias Gus Sadad yang membuahkan hasil di Pilpres 2024.


Anwar Sadad bersama keluarga usai mencoblos, Rabu, 14 Februari 2024.-Gerindra Jatim-

"Dalam konteks demikian, Gus Sadad cenderung menguatkan soliditas internal sekaligus memperluas ceruk pemilih menarik perhatian kita," tambah Fahrul.

Gus Sadad yang terkesan tidak offensive berdampak secara langsung kepada dua hal sekaligus. Yaitu elektabilitas partai Gerindra, serta elektabilitas capres-cawapres yang diusungnya (Prabowo-Gibran).

BACA JUGA:Update Quick Count Pilpres 2024: Poltracking, Litbang Kompas, CSIS, dan Indikator

BACA JUGA:Prabowo Gibran Menang Telak Di Semua Provinsi di Papua Berdasar Data Quick Count Kawal Pemilu

Gaya senyap dalam mengkonsolidasikan kekuatan di Jatim juga turut menjadi faktor penentu suara Prabowo-Gibran. Dalam hal ini, Gus Sadad menjadi jembatan penghubung antara ulama-ulama kondang di Jatim dengan Prabowo.

"Tidak mustahil partai Gerindra bisa menyalip PDIP di Jatim. Khususnya dari kalangan pemilih muda maupun segmentasi nasionalis yang tidak lagi sreg dengan gaya kampanye PDIP," tandas Fahrul.

Anda sudah tahu, berdasarkan quick count lima lembaga survei per 14 Februari 2024 pukul 16.25, pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh di atas kedua lawannya di wilayah Jatim.


Khofifah Indar Parawansa saat menunjukkan surat suaranya di TPS 31 Jemursari, Rabu, 14 Februari.-Sahirol Layeli-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: