PT LIB Kirim Surat ke PSSI, Minta Regulasi Pemain U-23 Dihapus Demi Timnas

PT LIB Kirim Surat ke PSSI, Minta Regulasi Pemain U-23 Dihapus Demi Timnas

PT LIB saat menggelar Forum Grup Discussion dengan pemilik atau pengelola klub Liga 1 2023/2024--instagram @pt_lib

HARIAN DISWAY – Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23, Shin Tae-yong sedang dalam kondisi pusing karena banyak klub Liga 1 yang tidak mengizinkan pemain mereka untuk bergabung latihan bersama Garuda Muda yang akan mengikuti kompetisi Piala Asia U-23 2024.

Untuk menanggapi sebuah permasalahan tersebut, Ferry Paulus selaku Direktur PT Liga Indonesia (LIB) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti  seluruh pengelola atau pemilik klub yang ada di kompetisi Liga 1 2023/2024.

Salah satu poin pembahasannya ialah pihak klub harus memberi dukungan kepada pemain – pemain U-23 yang bergabung di skuad tim nasional U-23 untuk Piala Asia U-23.

Hal itu disebabkan banyak pemain kunci kunci dari setiap klub yang banyak dipanggil untuk bergabung bersama Timnas U-23.

BACA JUGA:Polemik Pemanggilan Pemain Timnas U-23: Tiga Klub Ogah Lepas Pemain, Menpora 'Turun Gunung'

Dalam hasil FGD tersebut, PT LIB telah mengirim surat kepada PSSI bernomor 236/LIB-COR//II/2024.

PT LIB menyampaikan permohonan agar dilakukan perubahan tentang regulasi kompetesi BRI Liga 1 2023/2024 yang mengatur tentang kewajiban klub untuk memasukan minimal 1 orang pemain Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 23 tahun dalam daftar 11 pemain utama. 

Sementara itu, Ferry Paulus menegaskan bahwa LIB selaku operator liga terus berupaya mencari kondisi yang baik untuk tim Liga 1 ataupun untuk keperluan tim nasional.


Ferry Paulus berbicara saat Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti seluruh pengelola atau pemilik klub yang ada di kompetisi Liga 1 2023/2024.--instagram @pt_lib

“Pada prinsipnya kami selalu berusaha untuk mencari kondisi yang paling ideal. Bagaimana esensi kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 tetap bisa bergulir secara maksimal dan dukungan kepada Timnas U-23 juga tetap berlanjut,” kata Ferry Paulus.

Sejauh ini, PSSI sendiri masih belum merilis daftar pemain untuk Piala Asia U-23 2024. Federasi harus bekerja keras supaya klub mau maminjamkan pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

BACA JUGA:Link Live Streaming PSS vs Persita: Upaya Super Elang Jawa Pertahankan Tren Apik

Hanya seja, kompetisi ini sebenarnya tidak masuk kalender FIFA. Dengan demikian, klub yang mengikuti kompetisi Liga 1 seharusnya mempunyai hak untuk menahan pemainnya dari panggilan Timnas Indonesia U-23.

Piala Asia U-23 2024 akan bergulir di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024, bersamaan dengan pekan ke-32 dan ke-34 BRI Liga 1 yang akan menjadi masa-masa genting bagi sebuah klub. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber