5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Ada 5 keutamaan tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadan. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Muslim berbondong-bondong untuk melaksanakan ibadah yang lebih intensif.

Selain ibadah puasa yang wajib, umat muslim melakukan berbagai amalan sunnah seperti shalat malam dan membaca Al-Qur'an. Karena di bulan ini, setiap amal perbuatan akan dilipatgandakan pahalanya. 

Ramadan sendiri adalah bulan yang identik dengan Al-Qur'an. Karena di bulan ini ada peristiwa sejarah yakni ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril di Gua Hira.

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 bulan Ramadan dan kelak diperingati sebagai hari turunnya Al-Qur'an (nuzulul quran). Peristiwan ini juga menandai awal dari risalah kenabian Nabi Muhammad SAW dan dimulainya penyampaian wahyu Al-Qur'an selama periode beberapa tahun ke depan.

Karena itulah, umat muslim dianjurkan banyak membaca Al-Quran selama bulan Ramadan. Syukur jika bisa hatam. Biasanya membaca Al-Qur'an bisa dilakukan secara sendiri, ataupun berkelompok yang dikenal sebagai tadarus

Membaca Al-Qur'an sendiri memiliki beberapa keutamaan, antara lain:

BACA JUGA:6 Rekomendasi Buku Alvi Syahrin untuk Temani Saat Ramadan

1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Membaca Al-Qur'an bisa menjadi sumber kebijaksanaan dan penyembuhan bagi jiwa manusia. Dalam surah Al-Isra Ayat 82 menegaskan bahwa Al-Qur'an adalah obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Dalam kegelapan dunia ini, Al-Qur'an menyinari jalan bagi mereka yang mempercayai-Nya, memberikan cahaya dan ketenangan dalam kehidupan mereka.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا 

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian," (Al-Isra Ayat 82).

Oleh karena itu, tadarus Al-Qur'an bukan hanya sekedar membaca, tetapi juga merenungkan makna yang terkandung di dalamnya. Dengan memperdengarkan ayat-ayat-Nya, seseorang akan mendapati kekuatan dan ketenangan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Al-Qur'an bukan hanya kata-kata, tetapi cahaya yang membawa sinar ke dalam kegelapan, mengarahkan langkah-langkah manusia menuju kebenaran dan keselamatan.

BACA JUGA:Hanya Ada di Bulan Ramadan, Berikut Tuntunan Seputar Salat Tarawih

2. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Terdapat sebuah hadis yang menggambarkan betapa besar pahala yang diperoleh oleh seseorang ketika membaca Al-Qur'an. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibn Mas'ud RA, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa setiap huruf yang dibaca dari kitab suci Allah SWT akan memberikan kebaikan bagi pembacanya. Bahkan, pahala setiap huruf tersebut akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Berikut bunyi Hadis tersebut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: