Laut Jawa Belum Tenang! Surabaya dan Separuh Jatim Dihajar Gempa Lagi

Laut Jawa Belum Tenang! Surabaya dan Separuh Jatim Dihajar Gempa Lagi

Pengunjung Langoon Avenue Mall Surabaya berhamburan keluar akibat gempa yang mengguncang Kota Surabaya pada Jumat Sore-Julian Romadhon/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pulau Jawa bagian utara kembali diguncang gempa bumi pada Jumat sore, sekitar pukul 15.52 WIB. 

Gempa ini merupakan lanjutan dari serangkaian gempa bumi yang terjadi beberapa jam sebelumnya, tepatnya sejak pukul 11.22 WIB. Titik episenter gempa bumi ini juga tidak jauh dari gempa sebelumnya, yakni sekitar 130 Km di Timur Laut pusat Kota Tuban, Jawa Timur. 

Guncangan utamanya menimbulkan kepanikan di kawasan perkantoran dan pusat perbelanjaan di Kota Surabaya. 

BACA JUGA:Gempa Bumi Susulan di Laut Jawa, Belum Ada Laporan Korban Maupun Kerusakan

Pantauan Harian Disway, para pengunjung Langoon Avenue Mall di Jalan Mayjend Sungkono Surabaya berhamburan keluar gedung. Kepanikan juga terlihat dari pengunjung Plaza Surabaya. 

Berdasarkan laporan BMKG terbaru, gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo M=6,5 dengan episenter di 5.76 LS dan 112.33 BT. dengan kedalaman hiposenter 10 Km. 

Peta guncangan sementara, gempa dirasakan dengan skala getaran III hingga IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di Kabupaten Blora, Madura, Gresik dan  Surabaya. 

BACA JUGA:Gempa M=6,0 di Laut Jawa, Terasa di Surabaya dan Jawa Bagian Utara

Getaran dengan skala yang sama terjadi pulau Kalimantan antara lain di Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Sampit, Banjarmasin, Martapura, Balikpapan, Tanah Grogot. 

Kemudian getaran skala II-III MMI dirasakan di wilayah Mojokerto, Malang, Lumajang, Madiun, Nganjuk, Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, Kudus, dan Semarang. 

Sementara di Pacitan, Trenggalek, Blitar, Solo, Sleman, Yogyakarta, Kulonprogo, Kebumen, dan Temanggung dirasakan dengan skala getaran I sampai II.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: