Misa Minggu Palma, Umat Katolik Awali Pekan Suci Menjelang Paskah

Misa Minggu Palma, Umat Katolik Awali Pekan Suci Menjelang Paskah

Misa Minggu Palma, Umat Katolik Awali Pekan Suci Menjelang Paskah. Umat mengikuti perarakan dengan daun palem di awal misa.-Julian Romadhon-Harian Disway-

Karena itu, ada beberapa perayaan yang dilakukan dalam Pekan Suci ini. Yang pertama adalah Minggu Palma. Kemudian ada Kamis Putih untuk mengenang perjamuan terakhir Yesus Kristus bersama para muridnya. Tahun ini, pekan suci jatuh pada 28 Maret 2024.

Setelah itu ada Jumat Agung (29 Maret 2024) untuk mengenang wafatnya Yesus di kayu salib. Pada 30 Maret 2024, umat Katolik akan memperingati Sabtu Suci untuk menyongsong kebangkitan Yesus pada Hari Paskah pada 31 Maret 2024.

Rangkaian perayaan sejak Kamis Putih hingga Sabtu Suci itulah yang disebut sebagai Triduum atau Tri Hari Suci. Maka, umat yang terlibat dalam prosesi kemarin pun begitu banyak. Orang tua, para pemuda, hingga anak-anak, larut dalam perarakan khidmat.


Misa Minggu Palma, Umat Katolik Awali Pekan Suci Menjelang Paskah. Umat membawa daun palem saat Misa Minggu Palma.-Julian Romadhon-Harian Disway-

Acara Minggu Palma tak hanya terbatas pada ibadah di dalam gereja. Prosesi keliling gereja dengan membawa daun palma sambil menyanyikan lagu-lagu puji-pujian menjadi bagian dari tradisi yang dilestarikan oleh umat Katolik.

Mereka beribadah dalam suasana penuh semangat dan kekaguman akan kedatangan Raja Damai. Umat mengharapkan agar semangat kesederhanaan dan kasih yang dibawa oleh Yesus Kristus senantiasa menyala dalam hati setiap individu.

Minggu Palma juga menjadi momen untuk mengajarkan nilai-nilai agama kepada generasi muda. Anak-anak dan remaja diajak untuk mengerti dan merasakan makna peristiwa yang diperingati dalam perayaan tersebut.

Dengan demikian, tradisi Minggu Palma bukan hanya menjadi sarana ibadah. Misa itu juga pendidikan spiritual bagi umat Katolik yang menguatkan keimanan dan penghayatan akan ajaran agama. (Julian Romadhon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: