Bulan Kesadaran Multiple Myeloma, Ini Seluk-Beluk Kanker Darah

Bulan Kesadaran Multiple Myeloma, Ini Seluk-Beluk Kanker Darah

Bulan Kesadaran Multiple Myeloma, ini seluk-beluk kanker darah. Bulan Maret, publik memperingati Hari Kesadaran Multiple Myeloma, untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap penyakit tersebut.-VECTEEZY-indiatvnews.com

HARIAN DISWAY - Bulan Kesadaran Multiple Myeloma yang dirayakan pada Maret itu merupakan nama lain untuk penyakit kanker darah. Peringatan itu diharapkan meningkatkan kesadaran pada publik tentang jenis kanker darah yang berkembang di tulang dan area tubuh lainnya. 

Pada pasien yang menderita myeloma, sel-sel kanker muncul dan menjadi sangat banyak di sumsum tulang. Sehingga sel-sel tersebut mengeluarkan sel-sel darah yang sehat. Dampaknya, terjadi masalah kesehatan. 

Selain itu, sel myeloma juga melepaskan sejumlah besar protein myeloma abnormal, yang dapat mengganggu fungsi tubuh, seperti fungsi ginjal.

BACA JUGA: Kronologi Menghilangnya Kate Middleton Hingga Didiagnosa Kanker

Sel myeloma juga dapat melemahkan tulang, menyebabkan nyeri tulang, meningkatnya kadar kalsium dalam darah, dan bahkan dapat menyebabkan patah tulang dengan trauma minimal atau tanpa trauma. 


Bulan Kesadaran Multiple Myeloma, ini seluk-beluk kanker darah. Kanker darah atau myeloma adalah salah satu jenis kanker berbahaya. Waspadai gejala-gejalanya.-freepik-freepik.com

Menurut Dr Shikhar Kumar, Konsultan Onkologi Medis dari Rumah Sakit Yashoda Hyderabad, India, multiple myeloma paling sering menyerang orang lanjut usia. "Rata-rata usia saat terdiagnosis adalah 65 tahun ke atas," ujar Kumar. 

Penyakit itu lebih sering ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan. Siapa pun pada usia tersebut yang mengalami gejalanya harus sigap untuk menghubungi ahli onkologi untuk mendapatkan evaluasi.

Seperti jika merasa mudah lelah, nyeri punggung bawah yang terus-menerus, sering mengalami infeksi dan demam, atau laporan peningkatan kadar kreatinin dalam darah. Biopsi sumsum tulang diperlukan untuk memastikan diagnosisnya. 

BACA JUGA: Kasus Kanker Meningkat, Upaya Deteksi Dini Jadi Strategi Kemenkes Perangi Kanker

Multiple myeloma biasanya tidak dapat disembuhkan pada sebagian besar pasien, namun dengan pengobatan yang tepat, pasien dapat mencapai remisi jangka panjang dan kualitas hidup yang baik. 

Pasien yang lebih muda diobati dengan kemoterapi induksi dan transplantasi sel induk autologus.

Namun, karena sebagian besar pasien yang didiagnosis dengan myeloma cenderung berusia lebih tua dan tidak memungkinkan untuk dilakukan transplantasi, maka pasien hanya diobati dengan cara kemoterapi.


Bulan Kesadaran Multiple Myeloma, ini seluk-beluk kanker darah. Myeloma atau kanker darah adalah penyakit yang kerap menyerang mereka yang berusia lanjut.-freepik-freepik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com