6 Penyakit yang Muncul Akibat Gelombang Panas

6 Penyakit yang Muncul Akibat Gelombang Panas

Sejumlah penyakit muncul akibat cuaca panas.--

HARIAN DISWAY - Gelombang panas merupakan fenomena cuaca ekstrem yang dapat memberikan dampak serius bagi kesehatan manusia. Selama gelombang panas, suhu udara naik secara signifikan dan berlangsung dalam waktu lama. 

Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, bahkan penyakit-penyakit yang mengancam jiwa. Berikut ini adalah enam penyakit yang muncul akibat gelombang panas:

1. Heatstroke 

Salah satu penyakit paling serius yang terjadi akibat gelombang panas adalah heatstroke atau stroke panas. Ini terjadi ketika suhu tubuh meningkat secara drastis dan melebihi kemampuan tubuh untuk mendinginkannya. Gejalanya pusing, kebingungan, kulit kemerahan dan kering, bahkan kehilangan kesadaran. Heatstroke dapat mengancam jiwa jika tidak segera diobati.


Heatstroke.--

2. Dehidrasi Berat

Gelombang panas dapat menyebabkan dehidrasi yang parah karena tubuh kehilangan lebih banyak cairan melalui keringat dari pada yang bisa direstitusikan. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kelemahan, pusing, penurunan tekanan darah, bahkan gagal ginjal jika tidak ditangani dengan cepat.


Kehilangan banyak cairan tubuh atau biasa disebut dehidrasi juga rawan terjadi saat cuaca panas.--

3. Heat Exhaustion 

Heat exhaustion adalah kondisi serius lainnya yang bisa timbul akibat gelombang panas. Gejalanya mirip dengan heatstroke, tetapi tidak seberat itu. Penderita mungkin merasa sangat lelah, mual, muntah, pusing, dan kulitnya basah oleh keringat. Heat exhaustion dapat berkembang menjadi heatstroke jika tidak ditangani dengan baik.

BACA JUGA:6 Tips Menenangkan Kulit Iritasi Akibat Cuaca Panas

BACA JUGA:BMKG Ungkap Misteri Cuaca Panas dan Apa yang Terjadi di Indonesia


Heat exhaustion.--

4. Kram Panas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: