Carlo Ancelotti Jadi Pelatih Pertama yang Bawa Tim ke Final Liga Champions 6 Kali, Ini Daftarnya

Carlo Ancelotti Jadi Pelatih Pertama yang Bawa Tim ke Final Liga Champions 6 Kali, Ini Daftarnya

CARLO Ancelotti jadi pelatih pertama yang bawa tim ke Final Liga Champions 6 kali. Foto: Carlo Ancelotti menyapa fans usai mengalahkan Bayern Munchen, 9 Mei 2024. -Oscar Del Pozo-AFP

HARIAN DISWAY - Angkat topi setinggi-tinggnya buat Carlo Ancelotti. Keberhasilan Real Madrid menembus final Liga Champions untuk kali ke-18 (dan kedua dalam tiga musim terakhir) jelas merupakan buah tangan dingin pelatih asal Italia tersebut.

Sebagaimana diketahui, Real Madrid lolos ke final Liga Champions 2023/2024 setelah mengalahkan Bayern Munchen 2-1, dalam leg kedua semifinal yang digelar di Santiago Bernabeu, Kamis, 9 Mei 2024 dini hari WIB.

Los Blancos (sebutan Real Madrid) unggul dengan agregat 4-3 atas Bayern. Setelah dalam leg pertama di Allianz Arena pekan lalu, kedua tim bermain imbang 2-2.

BACA JUGA:Sakti! Real Madrid Vs Bayer Munchen Berakhir 2-1, Los Blancos Tantang Dortmund di Final Liga Champions!

Carlo Ancelotti dengan rendah hati menyebut bahwa keberhasilan ini berkat kedalaman skuadnya yang luar biasa. Dalam posisi tertinggal 0-1 (agregat 2-3), ia dengan berani melakukan banyak pergantian pemain. Toni Kroos, Aurelien Thcouameni, Federico Valverde, dan Rodrygo ditarik keluar.


CARLO Ancelotti jadi pelatih pertama yang bawa tim ke Final Liga Champions 6 kali. Foto: Carlo Ancelotti dalam press conference usai mengalahkan Bayern Munchen, 9 Mei 2024.-Football Espana-

Ternyata, keajaiban datang dari bangku cadangan. Joselu, yang masuk menggantikan Fede Valverde pada menit ke-81, mencetak dua gol yang luar biasa. Mengantarkan Real Madrid ke final, menghadapi Borussia Dortmund yang telah menunggu. Mereka berpotensi merebut si Kuping Besar (sebutan trofi Liga Champions) untuk ke-15 kali.

"Sulit dipercaya," kata Carlo Ancelotti, ketika diwawancarai TNT Sports.

BACA JUGA:Update Klasemen La Liga: Real Madrid Juara di Pekan ke-34, Barcelona 'Kehabisan Bensin'

"Aku sangat berterima kasih kepada mereka (para pemain, Red), karena mereka bekerja sangat keras. Ada atmosfer yang luar biasa di tim ini. Mereka sungguh rendah hati, sangat murah hati," tuturnya.

"Menurutku, ini adalah skuad terbaik yang pernah kumiliki sepanjang karier," imbuh pelatih 64 tahun tersebut.

Dengan keberhasilan Real Madrid ke final Liga Champions, Carlo Anclotti mencatatkan rekor tersendiri. Ia menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa tim asuhannya menembus final Liga Champions sebanyak enam kali!


Carlo Ancelotti jadi pelatih pertama yang bawa tim ke final Liga Champions 6 kali. Foto: Carlo Ancelotti merayakan gelar Liga Champions 2003 bersama AC Milan. -Getty Images via AFP-

Sebelum melatih Real Madrid, Carlo Ancelotti sudah membawa AC Milan (kembali) berjala di level Eropa. Ia membawa Milan ke final Liga Champions sebanyak tiga kali. Hebatnya, itu dilakukan hanya dalam kurun waktu lima musim. Yakni pada 2003, 2005, dan 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tnt sports