Mengenal Arti Tanda Warna pada Obat yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Arti Tanda Warna pada Obat yang Perlu Anda Ketahui

Obat mempunyai beberapa golongan dan jenisnya yang punya indikasi serta efek samping yang berbeda-beda bagi tubuh. --freepik

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Setiap tanda warna pada kemasan obat memiliki arti yang seringkali tidak diketahui oleh banyak orang. Tanda-tanda ini yang biasanya berbentuk lingkaran, sering kali dianggap sebagai pemanis kemasan.

Padahal sebenarnya masing-masing dari tanda ini memiliki artinya sendiri. Adapun simbol lingkaran berwarna atau simbol lingkaran dengan logo pada kemasan obat digunakan untuk menunjukkan jenis golongan obat.

Obat-obatan yang dijual di farmasi atau apotek digolongkan dengan tujuan menjaga keamanan dari pembeli, karena ada beberapa jenis obat-obatan yang tidak dapat dibeli dengan bebas melainkan memerlukan resep dokter.

BACA JUGA:6 Tips Bahan Alami Atasi Kulit Kepala Gatal

Tanda warna atau simbol pada kemasan obat menunjukkan identitas golongan obat serta risiko dari obat tersebut. Selain itu, simbol ini juga menunjukkan apakah jenis obat-obatan tersebut dapat dibeli secara mandiri.

Atau bebas tanpa memerlukan resep atau memerlukan resep dokter. Penggolongan jenis obat didasarkan pada Permenkes RI No 917/Menkes/X/1993 yang telah diperbarui dengan Permenkes RI No 949/Menkes/Per/VI/2000.

Apa saja jenis golongan obat dan apa saja simbol yang digunakan untuk menandai jenis obat-obatan tersebut? Perhatikan hal-hal berikut ini.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Herbal Pelancar Haid yang Efektif

1. Lingkaran hijau


Obat dengan tanda warna hijau bisa Anda dapatkan secara bebas di berbagai apotik dan warung-warung sekitar tanpa perlu resep dokter. --doktersehat.com

Jika tanda di kemasan obat adalah lingkaran berwarna hijau dengan tepian berwarna hitam yang tegas, maka hal ini menandakan bahwa obat ini bisa didapatkan dengan bebas di mana saja.

Termasuk apotek atau warung-warung sekitar kita tanpa perlu memakai resep dokter. Hanya, meskipun bebas, bukan berarti kita bisa sembarangan mengonsumsinya. Pastikan untuk selalu memperhatikan aturan pakai yang tercantum di kemasannya.

2. Lingkaran biru


Obat dengan kemasan yang memiliki tanda lingkaran berwarna biru dan garis tepi berwarna hitam ini sebenarnya termasuk ke dalam obat keras, namun dapat Anda peroleh tanpa resep dokter. --doktersehat.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: