ITS Gagas Aplikasi MeccaBot, Solusi Jamaah Haji dan Umrah Tak Tersesat

ITS Gagas Aplikasi MeccaBot, Solusi Jamaah Haji dan Umrah Tak Tersesat

Ketua tim Achmad Holil Noor Ali saat menjelaskan aplikasi MeccaBot di ITS, Kamis, 30 Mei 2024.-Wulan Yanuarwati -Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Program Studi (Prodi) Inovasi Digital di bawah Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan aplikasi MeccaBot. Aplikasi merupakan penyempurnaan dari inovasi sebelumnya, yakni Mecca WABot.

Aplikasi MeccaBot menjawab keresahan jamaah yang sering tersesat saat menjalankan ibadah di Arab Saudi. Melalui aplikasi ini, jamaah bisa menjadi penanda titik awal jemaah hanya dengan swafoto (selfie) yang bisa diakses lewat bot. Dengan begitu, mereka tidak perlu tersesat saat ingin kembali ke tempat awal.

“Foto ini nanti bisa kembali dilihat jemaah dan dapat dipilih setiap kali mereka ingin kembali ke tempat tersebut,” ujar Ketua tim Achmad Holil Noor Ali di ITS, Kamis, 30 Mei 2024.

BACA JUGA:Kisah Nadya Andini: Wisudawan ITS Penyandang Tunarungu Lulus Berpredikat Cumlaude

BACA JUGA:ITS Berangkatkan 12 Armada Mudik Gratis

Saat ini, Aplikasi MeccaBot sedang dalam tahap verifikasi rilis di platform Playstore. Jika sudah dirilis maka dapat langsung digunakan seluruh jamaah ibadah haji dan umrah di seluruh dunia.

Aplikasi mobile MeccaBot ini juga sudah terintegrasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Sehingga doa saat ibadah sudah ditujukan untuk semua golongan.

“Karena sebelumnya banyak pengguna dari berbagai golongan dan doa ibadahnya berbeda-beda, jadi kami integrasikan di aplikasi mobile ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Krisis Kemanusiaan di Mata 3 Agama di Kuliah Umum Abrahamic Forum UINSA Surabaya, Bahas Holocaust Hingga Perang Salib

BACA JUGA: Keren! ITS Luncurkan Purwarupa PLTS Apung Laut Pertama di Indonesia

MeccaBot juga bisa diakses dalam bahasa Inggris. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk jamaah haji dan umrah internasional bisa turut mengakses dan memanfaatkan teknologi aplikasi ini.

“Karena sebelumnya di Mecca WA Bot hanya tersedia untuk bahasa Indonesia, kini kami mengembangkan agar jamaah seluruh dunia bisa menggunakan juga,” jelasnya.

Fitur yang ada pada aplikasi MeccaBot ini juga lebih banyak. Di antaranya m fitur panduan umrah dengan pengembangan terdapat lokasi halte transportasi umum di Mekkah, fitur amalan yang dapat dilakukan saat ibadah, fitur petunjuk lokasi tempat ziarah, napak tilas Rasulullah, kawasan dan hotel, tempat oleh-oleh, hingga rute perjalanan.

Hal yang tak kalah menarik, aplikasi MeccaBot tetap dapat diakses tanpa menyita banyak ruang penyimpanan. Aplkkasi nantinya hanya 50 megabyte.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: