Kepala Otorita IKN Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN Akan Terus Berlanjut

Kepala Otorita IKN Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN Akan Terus Berlanjut

Presiden Jokowi dalam pertemuan bersama Menteri PUPR dan Wakil Menteri ATR/BPN di Istana Negara. -Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pastikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal terus berlanjut usai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN (OIKN) mengundurkan diri dari jabatannya.

“Pembangunan IKN akan terus berlanjut sesuai visi bersama yang telah ditetapkan,” papar Jokowi lewat keterangan tertulis melalui akun Instagramnya pada Senin, 3 Juni 2024.

Sebagai informasi, Kepala dan Wakil Kepala OIKN, Bambang Susanto dan Dhony Rahajoe telah menyampaikan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Breaking News! Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri, Sementara Diganti Basuki dan Raja Juli Antoni

Menyikapi hal ini, Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk memberhentikan secara hormat kedua pejabat OIKN itu.

“Hari ini telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susanto sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala OIKN seiring pengunduran diri yang telah saya terima,” lanjutnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala OIKN sementara.

BACA JUGA:Edyan, IKN Bakal Punya Taksi Terbang, Intip Bentuknya di Sini

BACA JUGA:Bangun Smart City IKN, Pemerintah Jalin Kerja Sama dengan Finlandia

“Hingga ditunjuknya Kepala dan Wakil Kepala OIKN definitif sesuai perundang-undangan, agar program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah mengadakan pertemuan bersama Menteri PUPR dan Wakil Menteri ATR/BPN di Istana Negara pada Senin, 3 Juni 2024.

“Kami berdua, saya dan Pak Raja dipanggil untuk diberi tugas yakni untuk jadi Plt. kepala dan wakil kepala otorita IKN,” kata Basuki kepada awak media usai hadiri pertemuan.

BACA JUGA:Layanan Internet Starlink Milik Elon Musk Sudah Terpasang di IKN, Siap Beri Layanan Internet Cepat

Ia menyebutkan, dirinya dan Raja Juli ditunjuk untuk mempercepat pelaksanaan program di IKN.(*)

Penulis: Isro Nur Siti Khotidjah, Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Peserta Magang MBKM di Harian Disway. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: