Jemaah Haji Memulai Prosesi Wukuf di Arafah Hari Ini

Jemaah Haji Memulai Prosesi Wukuf di Arafah Hari Ini

Suasana sore hari di Padang Arafah, beberapa Jemaah Haji laki-laki bersantai sambil menikmati suasana ibadah -Kemenag-

“Selain jemaah risiko tinggi, lansia dan disabilitas, pergerakan jemaah ke Muzdalifah dilakukan dengan sistem taraddudi (shuttle) yang mengantar jemaah dari Arafah menuju Muzdalifah,” terang dia. 

BACA JUGA:Otoritas Haji Akan Pakai Sistem Murur di Muzdalifah: Tidak Perlu Menginap, Cukup Lewat Saja

Selama melaksanakan mabit (menginap), ia menambahkan, jemaah dapat istirahat dan berzikir, menyelingi zikir dengan berdoa kepada Allah, sebab Muzdalifah termasuk tempat mustajab. “Tidak ada ibadah khusus selama mabit di Muzdalifah,” katanya. 

Jemaah diimbau mempertahankan kondisi kebugaran fisiknya dengan beristirahat atau tidur, menghindari kelelahan, mengonsumsi bekal yang dibawa, minum obat dan menghubungi dokter jika merasa tidak sehat.

“PPIH akan membagikan kantong kerikil saat jemaah haji di Arafah bersamaan dengan pembagian snack berat untuk dikonsumsi saat di Muzdalifah,” pungkasnya.

Jemaah yang wafat hingga saat ini berjumlah 121 orang dengan rincian wafat di Embarkasi 9 orang, di Madinah 18 orang, di  Makkah 87 orang, di Bandara 3 orang dan di Arafah 4 orang. Seluruh jemaah wafat akan dibadalhajikan.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: