Jokowi Cek Kondisi RSUD Mas Amsyar Kalteng

Jokowi Cek Kondisi RSUD Mas Amsyar Kalteng

Jokowi pastikan bakal berikan bansos hingga Desember 2024-Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Jokowi melakukan perjalanan menuju Kabupaten Katingan untuk memberikan bantuan ke pedagang Pasar Pata dan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar, Kecamatan Katingan Hilir pada Rabu, 26 Juni 2024.

Agenda ini dilakukan Presiden RI setelah berkunjung ke Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya dan mengecek aktualisasi bantuan pompa air di Desa Bapeang.

Tujuan Jokowi meninjau RSUD kali ini adalah untuk mengecek kondisi fasilitas dan layanan kesehatan yang ada.

Orang nomor satu di Indonesia ini menyoroti fasilitas BPJS yang tersedia di rumah sakit yang dinilai masih kurang memadai.

"Pelayanan BPJS saya kira di sini kamarnya kurang. Hanya 53 kamar. Seharusnya di atas 100 dikit lah," ujar pimpinan tertinggi negara itu.

BACA JUGA:Kunjungan Jokowi ke Karanganyar Jateng: Tinjau Program Pompanisasi untuk Tingkatkan Produksi Padi Nasional

BACA JUGA:Jokowi Apresiasi Polri Luncurkan OSS Perizinan Event

Menanggapi kondisi tersebut, Jokowi sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunaidi untuk menindaklanjuti permasalahan yang terjadi.

Salah satu penyebab masalah minimnya kamar bagi pasien itu adalah karena rumah sakit RSUD yang awalnya puskesmas rawat inap ini tak memiliki lahan yang cukup.

Jokowi rupanya juga sudah dihubungi langsung oleh bupati setempat perihal permasalahan kekurangan lahan.

"Tadi ditawarkan pak bupati pindah, ada lahan 5 hektare. Tapi, kita lihat nanti," ucap Presiden RI.

Ayah Kaesang Pangarep ini menerangkan bahwa tahun ini pemerintah akan segera mengupayakan pengiriman beberapa alat kesehatan ke RSUD Mas Amsyar.

Rencananya, beberapa alat yang akan dikirimkan adalah CT scan, mamografi (alat untuk memeriksa kelainan pada payudara), inkubator, serta peralatan medis lainnya.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan agenda penting itu, Jokowi melakukan peninjauan pada RSUD agar mengetahui kondisi kesiapan ruangan di rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sekretariat presiden