Euro 2024: Turkiye Menang Dramatis 2-1, Kapten Ceko Kecewa

Euro 2024: Turkiye Menang Dramatis 2-1, Kapten Ceko Kecewa

Selebrasi Hakan Calhanoglu usai cetak gol ke gawang Ceko.--Instagram @millitakimlar

“Ini mengecewakan karena kami semua ingin melaju. Kartu merah yang ‘tidak sopan’ sangat mempengaruhi permainan. Kami senang bisa menyamakan kedudukan. Semua orang melakukan yang maksimal. Semangatnya sangat besar. Hanya akhir yang menyedihkan... Tapi itulah sepak bola," katanya. 

Jalannya Pertandingan

Ceko langsung mengancam di menit pertama melalui tembakan Lukas Provod dari luar kotak penalti, namun berhasil ditepis oleh Mert Gunok.

Turkiye kemudian mengambil alih dominasi permainan dengan mengalirkan bola-bola bawah yang cepat.

Pada menit ke-20, Ceko harus bermain dengan 10 orang setelah Antonin Barak menerima kartu kuning kedua akibat menginjak kaki Salih Ozcan dan sebelumnya menarik Ferdi Kadioglu pada menit ke-11.

Turkiye menciptakan peluang pada menit ke-26 melalui tembakan voli Arda Guler, namun kesempatan tersebut diblok oleh pemain Ceko.

Meski unggul jumlah pemain, Turki masih kesulitan mencetak gol. Hingga setengah jam pertandingan berjalan, skor masih imbang 0-0.

Ceko tetap mampu bertahan dengan baik, membuat Turki kesulitan menembus kotak penalti.

Ceko bahkan nyaris mencetak gol pada menit ke-44 melalui serangan balik, namun tembakan David Jurasek berhasil dimentahkan oleh Gunok.

Babak pertama berakhir tanpa gol, kedua tim harus puas dengan skor kacamata hingga turun minum.

Turki langsung menciptakan kemelut di kotak penalti Ceko pada awal babak kedua. Baris Yilmaz memberikan umpan tarik lewat sundulan, namun bola yang berada di mulut gawang bisa disapu oleh pemain Ceko.

Gol pembuka akhirnya tercipta pada menit ke-51 melalui Hakan Calhanoglu, yang melepaskan tembakan mendatar di sisi kotak penalti. Sebelumnya, kiper Ceko Stanek sudah melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan Kenan Yildiz.

Ceko berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-66 melalui Tomas Soucek, yang memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang Turkiye.

Setelah kebobolan, Turkiye memiliki dua peluang dari Yildiz dan Guler, namun keduanya gagal menghasilkan gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn