Hindari Mom-Shaming, Ini Tip Bijak Berkomentar untuk Para Ibu

Hindari Mom-Shaming, Ini Tip Bijak Berkomentar untuk Para Ibu

Menjadi ibu di era digital penuh tantangan, menghadapi mom-shaming, dan penting untuk bijak berkomentar guna menciptakan lingkungan mendukung. --pinterest

HARIAN DISWAY - Menjadi seorang ibu adalah tugas yang menantang dan penuh tanggung jawab. Namun, di era digital ini, banyak ibu harus menghadapi mom-shaming. Yaitu kritik atau komentar negatif tentang cara mereka mengasuh anak.

Mom-shaming bisa datang dari keluarga, teman, bahkan orang asing di media sosial. Untuk menciptakan lingkungan yang lebih mendukung, penting bagi kita untuk bijak dalam berkomentar.

Berikut adalah beberapa tip untuk menghindari mom-shaming dan mendukung para ibu.

1. Pahami Konteks dan Situasi

Setiap ibu memiliki situasi yang berbeda. Sebelum memberikan komentar atau saran, pahami konteks di balik tindakan atau keputusan mereka.

Mengasuh anak bukanlah tugas yang mudah. Setiap ibu memiliki tantangan unik yang mungkin tidak kita ketahui. Dengan memahami konteks, kita dapat memberikan komentar yang lebih empatik dan mendukung.

BACA JUGA:5 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil

2. Hindari Penilaian Cepat

Sangat mudah untuk menilai tindakan seseorang berdasarkan apa yang kita lihat di permukaan. Namun, penting untuk menghindari penilaian cepat.

Setiap ibu memiliki metode pengasuhan yang mungkin berbeda dari standar kita dan itu tidak berarti salah. Ingatlah bahwa tidak ada satu cara yang paling benar untuk mengasuh anak.

3. Gunakan Bahasa yang Positif

Ketika memberikan saran atau komentar, gunakan bahasa yang positif dan konstruktif. Hindari kata-kata yang merendahkan atau menghakimi.

Contohnya, daripada mengatakan, "Kamu seharusnya tidak melakukan itu," lebih baik katakan, "Mungkin kamu bisa mencoba cara ini, karena bisa membantu dalam situasi seperti itu."


Hindari Mom-Shaming, Ini Tip Bijak Berkomentar untuk Para Ibu. Para ibu harus saling memberi dukungan. Bukan malah saling mengkritik.-freepik-freepik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: