Cheng Yu Pilihan CEO Indodax Oscar Darmawan: Feng Nian Yu Huang Nian Gu

Cheng Yu Pilihan CEO Indodax Oscar Darmawan: Feng Nian Yu Huang Nian Gu

Cheng Yu Pilihan CEO Indodax Oscar Darmawan: Feng Nian Yu Huang Nian Gu-HARIAN DISWAY-Dokumen Pribadi

Oscar Darmawan punya moto hidup untuk melayani orang lebih banyak lagi. CEO Indodax ini percaya bahwa hidup ialah tentang bagaimana kita memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain. "Jadi, saya ingin menggunakan hidup saya untuk memberi manfaat ke sebanyak mungkin orang," katanya. 

Tentu, untuk bisa memberi manfaat ke sebanyak mungkin orang, diperlukan usaha kita untuk terus memupuk empati. Sedangkan untuk memupuk empati, diperlukan usaha kita untuk bisa "推己及人" (tuī jǐ jí rén), memosisikan diri kita di posisi orang lain, kalau menurut Zhu Xi, filsuf besar era dinasti Song.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Wakil Gubernur Jawa Tenggah 2018-2023 Taj Yasin Maimoen: Guai Qi Zhi Li, He Qi Zhi Xiang

Lengkapnya, seperti yang sekitar 1,5 ribu tahun sebelum Zhu Xi dinyatakan Konfusius, "己所不欲, 勿施于人" (jǐ suǒ bù yù, wù shī yú rén): apa yang tidak engkau kehendaki orang lain lakukan pada dirimu, jangan pernah engkau lakukan pada orang lain.

Sebaliknya, masih merujuk Konfusius, "己欲立而立人, 己欲达而达人" (jǐ yù lì ér lì rén, jǐ yù dá ér dá rén): ketika engkau ingin meroket, juga roketkanlah orang lain; ketika engkau ingin maju, juga majukanlah orang lain. 

Masalahnya, yang sering kita saksikan di lapangan adalah kebalikannya: kita acap menuntut orang lain untuk berbuat baik kepada kita sedangkan di waktu yang sama kita tidak mempermasalahkan tatkala kita berbuat tidak baik kepada orang lain.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Direktur PT Indo Makmur Foods Kevin Cahya Tjangdjaja: Ji De Lei Gong

Padahal, bila merujuk wejangan dalam kitab Zengguang xianwen (增广贤文) yang kemungkinan dikompilasi pada abad ke-16, kita mesti "menggunakan bagaimana kerasnya hati sendiri saat menyalahkan orang lain, justru untuk menyalahkan diri sendiri; menggunakan bagaimana lembutnya hati sendiri saat memaafkan diri sendiri, justru untuk memaafkan orang lain" (责人之心责己,恕己之心恕人 zé rén zhī xīn zé jǐ, shù jǐ zhī xīn shù rén). 

Dalam artian, kita harus keras pada diri sendiri, tapi lembut kepada orang lain. Jika sudah bisa begini, maka kita akan bisa "丰年玉荒年谷" (fēng nián yù huāng nián gǔ): menjadi orang yang membawa manfaat bagi sesama dalam segala situasi dan kondisi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: