Program Makan Siang Gratis dan Pemberdayaan UMKM

Program Makan Siang Gratis dan Pemberdayaan UMKM

ILUSTRASI Program Makan Siang Gratis dan Pemberdayaan UMKM.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Program yang telah menjangkau sekitar 40 juta anak itu melibatkan sekitar 8.000 ahli gizi untuk merancang menu makanan dan terbukti mampu meningkatkan gizi anak dan membantu mengatasi obesitas di Brasil. Program makan siang gratis tersebut juga mewajibkan 30 persen makanan yang disajikan berasal dari UMKM peternakan keluarga lokal di sekitar sekolah. 

Keempat, India. India mulai menerapkan program makan siang gratis pada 1995. Program itu dibuat untuk menekan angka tengkes serta meningkatkan partisipasi dan kehadiran siswa di sekolah. India menganggarkan sekitar USD 2,8 miliar (sekitar Rp 43,83 triliun) tiap tahun untuk program makan siang gratis. 

Politik keberpihakan pemerintah melalui kebijakan yang memperkuat eksistensi UMKM merupakan kunci keberhasilan sektor ini untuk berkembang dan bertahan di tengah gempuran kelompok bisnis oligarki yang cenderung ekspansif dengan kekuatan kapital dan jaringannya. 

Dengan demikian, program makan siang gratis kelak sangat diharapkan menjadi momentum penguatan ekosistem UMKM yang penetratif ke sendi-sendi ekonomi kerakyatan yang menjamin keadilan tiap warga negara dalam aktivitas produktif. (*)


Sukarijanto, direktur di Institute of Global Research for Entrepreneurship & Leadership dan kandidat doktor di program S-3 PSDM Universitas Airlangga-Dok Pribadi-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: