Sikap Bijak Jadi Kunci Agar Para Siswa Aman Berinternet

Sikap Bijak Jadi Kunci Agar Para Siswa Aman Berinternet

Festival Literasi Digital bertajuk Berselancar di Dunia Digital dengan Aman yang berlangsung di SMA Negeri Balung, Jember, Jawa Timur, pada Kamis, 8 Agustus 2024. --Kemenkominfo

Hal ini dapat dilakukan dengan berpedoman pada pilar etika digital dan budaya digital saat berinternet. Budaya digital itu adalah bagaimana budaya kita saat berinteraksi di dunia digital.

BACA JUGA: Konteks Baru Kata 'Menyala' di Era Digital

"Hal yang harus diingat saat berada di dunia digital adalah ‘Aku’ harus menjaga NKRI dari diriku sendiri. ‘Aku’ harus bisa melakukan kebaikan, menghindari sesuatu yang menyakiti orang lain, dan menahan diri tatkala disakiti,” pesan Eko Pamuji sebagai narasumber pilar budaya digital.

Sementara itu, M. Adhi Prasnowo selaku narasumber pilar etika digital mengajak para siswa untuk stop toxic di ruang digital dengan menjaga sopan santun ketika berinteraksi secara virtual. Ia mengingatkan untuk belajarl komunikasi dengan baik.

"Karena ketika di ruang digital, kita harus perhatikan apakah tata bahasanya sudah betul, apakah menyinggung orang lain atau tidak, dan sebelum posting kita introspeksi dulu kontennya, sehingga apa pun yang kita lakukan di ruang digital adalah menunjukkan kebaikan,” jelas Adhi.

BACA JUGA: Mendengar Media Digital: Perbincangan Skripsi dan Tugas Akhir

Festival Literasi Digital Berselancar di Dunia Digital dengan Aman” di SMA Negeri Balung merupakan salah satu rangkaian kegiatan Makin Cakap Digital 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: