Wow! KTM Tambah Aero, Sempat Ungguli Ducati di Sesi Latihan Bebas Red Bull Ring

Wow! KTM Tambah Aero, Sempat Ungguli Ducati di Sesi Latihan Bebas Red Bull Ring

Pol Espargaro menunggangi Motor KTM RC-16 yang sudah dilengkapi dengan aerodinamika baru yang menyatu dengan swing-arm saat sesi latihan bebas pertama di Red Bull Ring Austria, Jumat, 16 Agustus 2024.--Instagram/polespargaro

HARIAN DISWAY - Akhirnya, deru knalpot MotoGP kembali menggema di sirkuit Red Bull Ring, Austria. Memicu adrenalin di sesi latihan bebas pertama pada Jumat, 16 Agustus 2024. 

Sorotan utama kali ini tertuju pada motor KTM RC-16 milik test rider tim Red Bull-KTM Factory, Pol Espargaro. Mencuri perhatian banyak pihak di sirkuit.

Sebab, tampak berbeda dengan penambahan aerodinamika baru pada swing-arm—sebuah inovasi yang membuat heboh paddock MotoGP. aerodinamika tambahan yang menyatu dengan swing-arm itu mirip dengan sayap yang menutup roda belakang. 

BACA JUGA:Red Bull Ring Austria: KTM Identik, Ducati Mendominasi MotoGP

BACA JUGA:Red Bull Ring Tuan Rumah MotoGP Seri ke-11, Tantangan Patahkan Dominasi Ducati

Sayap itu pun memiliki desain yang menonjol, dengan ujungnya yang meruncing seperti mata gergaji. 

Ya, penambahan itu sebenarnya berada di area "abu-abu" dalam regulasi body motor. Tetapi aturan mengenai aerodinamika pada bagian bawah motor yang menyatu dengan swing-arm telah dijelaskan lebih rinci pada akhir musim 2022 dan diberlakukan mulai musim 2024.

“Pelengkap aerodinamika yang dipasang pada motor MotoGP di bagian bawah rangka utama, yang dikaitkan ke swing-arm, harus berjarak 35 mm dari tanah, lebih tinggi 15 mm pada peraturan sebelumnya” begitu kutipan aturan Regulasi Homologasi di musim 2024.

Perubahan ini mengingatkan kita pada insiden di Misano pada musim 2021, saat salah satu motor yang kehilangan 'sendok' swing-arm setelah benturan dengan kerb.

Jika modifikasi aerodinamika baru KTM RC-16 ini terbukti sukses meningkatkan akselerasi dan handling di lintasan, tidak menutup kemungkinan inovasi ini akan diaplikasikan pada seluruh motor KTM RC-16 lainnya.

Meskipun masih dalam batasan regulasi baru musim ini, penambahan aerodinamika di sektor swing-arm tampaknya sah-sah saja. Mengingat aturan mengizinkannya dengan syarat-syarat yang sudah tertulis.

Hasilnya, inovasi ini memberikan kesan positif di Red Bull Ring. Motor Pol Espargaro sempat menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pertama, dengan catatan waktu terbaik 1:29,944. 

BACA JUGA:Fermin Aldeguer dan Ai Ogura, Lompatan Besar ke MotoGP 2025!

BACA JUGA:Juara Dunia MotoGP: Dominasi Tim Pabrikan atau Kejutan Tim Satelit?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: