Waspada Kasus Mpox Mencapai 18.000 di Republik Demokratik Kongo, WHO: Terdapat Tiga Gejala Utama

Waspada Kasus Mpox Mencapai 18.000 di Republik Demokratik Kongo, WHO: Terdapat Tiga Gejala Utama

Seorang pasien di Rumah Sakif Kavumu, Bukavu di bagian timur Republik Demokratik Kongo dimana kasus Mpox memiliki tingkat penyebaran cukup tinggi -Glody Murhabazy/AFP-

HARIAN DISWAY - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan lebih dari 18.000 kasus dugaan Mpox telah dilaporkan di Republik Demokratik Kongo. Sepanjang tahun ini telah tercatat 629 kematian yang mencakup lebid dari 5000 kasus dari provinsi timur Kivu Utara dan Kivu Selatan, Republik Demokratik Kongo (DRC). 

Dokter Tedros menyatakan virus Mpox jenis clade 1b telah menyebar. Jumlah kasus yang dilaporkan dari clade 1b telah meningkat dengan cepat selama beberapa minggu. Namun, relatif sedikit yang dilaporkan dalam beberapa minggu terakhir. 

Selain itu, 258 kasus clade 1b telah dikonfirmasi di Burundi, empat di Rwanda, empat di Uganda, dua di Kenya, satu di Swedia dan satu di Thailand. 

BACA JUGA:Waspada Wabah Mpox, Bandara Soetta Mulai Pasang Skrining Kesehatan

Dirjen WHO tersebut pun menyatakan prihatin dengan wabah clade 1a di wilayah lain DRC. 

‘‘Pagi ini saya kembali dari DRC dimana kemarin saya mendapat kehormatan untuk bertemu dengan Presiden Felix Tshisekedi untuk membahas wabah yang berupaya mempercepat akses dan pengiriman vaksin,’’ menurut Tedros.

Ia juga menjelaskan, keamanan dan kemanjuran vaksin saat ini merupakan prioritas utama. WHO pun sempat mengundang produsen diagnostik Mpox untuk menyampaikan pernyataan minat untuk daftar penggunaan darurat (emergency use authorization) 

"Penting untuk ditekankan bahwa meskipun vaksin adalah alat yang ampuh, mereka bukan satu-satunya alat. Ada banyak hal yang dilakukan oleh kami dan mitra kami untuk mencegah dan mendiagnosis infeksi serta mengobati orang sakit," jelasnya.  

Guna mewaspadai penyakin Mpox, Pimpinan Tim Manajemen Kejadian Akut, WHO AFRO dr. Otim Patrick Ramadan memaparkan gejala umum yang dialami oleh seseorang yang terinfeksi Mpox.

Dokter Ottim mengatakan ada banyak sekali gejala, namun biasanya ditandai dengan tiga gejala utama, yaitu: 

1. Ditandai dengan demam


Demam menjadi gejala awal Mpox--Freepik

2. Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening

Getah bening tersebut biasanya terdapat di aksila leher atau disekitar selangkangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: