Kirab Obor Api PON XXI 2024 Berakhir di Banda Aceh Siap Sambut Pembukaan

Kirab Obor Api PON XXI 2024 Berakhir di Banda Aceh Siap Sambut Pembukaan

Akhirnya rombongan kirab obor api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 memasuki dan berakhir di Kota Banda Aceh, Jumat, 6 September 2024. --Puspen Kemendagri

BANDA ACEH, HARIAN DISWAY – Akhirnya rombongan kirab obor api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 memasuki dan berakhir di Kota BANDA ACEH, Jumat, 6 September 2024.

Setelah mengelilingi wilayah provinsi Tanah Rencong itu dengan melintasi 23 kabupaten/kota. Kirab api yang melambangkan semangat persatuan dan kesatuan itu disambut penjabat (Pj.) Wali Kota Banda Aceh Ade Surya.

Dalam sambutannya ia menyampaikan tentang api merupakan simbol yang menyulut motivasi peserta untuk bersaing secara adil dan penuh sportivitas. "Semoga ini api yang membakar semangat kita untuk berkompetisi secara fair dan sportif," katanya.

BACA JUGA: ID Card Jurnalis Peliput PON XXI Berlaku Dobel di Aceh dan Sumut demi Kemudahan

Sumber api obor PON XXI Aceh-Sumut tersebut diambil dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang, pada Selasa, 27 Agustus 2024) lalu. Bermula dari Pulau Weh Sabang, peserta kirab api PON XXI bergerak menuju Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Simeulue.

Lalu menuju Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil, Subulussalam. Selanjutnya, ke Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Pidie Jaya.

Menuju Pidie, Aceh Besar, dan berakhir di Banda Aceh. Begitu memasuki daerah Ibu Kota Banda Aceh, peserta kirab disambut ribuan pelajar yang berdiri di pinggir jalan protokol hingga ke Balai Kota Banda Aceh.

BACA JUGA: Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat: Publikasi PON XII Aceh-Sumut 2024 Harus Optimal

Mereka mengibarkan bendera merah putih ukuran mini. Setiba di balai kota, mantan atlet tarung derajat Banda Aceh Ali Akbar yang memegang obor api itu langsung menyerahkan kepada Ade dalam rangkaian upacara.

Obor api akan bermalam di Pendopo Wali Kota Banda Aceh. Pada Sabtu, 7 September diserahkan ke Pemerintah Aceh untuk disulut pada obor kaldron malam pembukaan PON XXI Aceh-Sumut pada 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Ade pun menegaskan PON merupakan ajang olahraga terbesar di Indonesia yang mempertemukan para atlet terbaik dari berbagai daerah untuk bertanding dalam berbagai cabang olahraga.

BACA JUGA: Tak Mau Berisiko Stadion Kosong, PB PON Wajibkan Penukaran e-Tiket Sehari sebelum Pertandingan

"Melalui PON ini, kita dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Aceh akan menjadi tuan rumah yang sukses dan mampu menyelenggarakan event nasional ini dengan baik," ujarnya.

Acara pembukaan PON XXI digelar di Provinsi Aceh. Namun begitu, dari Stadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang, Sumut akan digelar acara yang sama secara hybrid yang terhubung langsung dengan pembukaan di Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: