Puluhan Juta Pekerja Bakal Di-PHK Tahun 2025

Puluhan Juta Pekerja Bakal Di-PHK Tahun 2025

Presiden Jokowi dalam peresmian pembukaan Kongres ISEI & Seminar Nasional 2024, Surakarta,19 September 2024--Youtube Sekretariat Presiden

Votruba: ”Korelasi yang tidak menguntungkan ini menyoroti pentingnya faktor psikologis. Misalnya, tekanan mental, pengendalian diri, masalah keuangan, dan rasa frustrasi, dalam menentukan perilaku yang kontraproduktif.”

Maksudnya, tidak semua orang ter-PHK jadi penjahat. Tidak. Banyak juga yang tidak melakukan kejahatan. Bergantung pada faktor psikologis orang tersebut.

Periset meyakini, temuan mereka dapat membantu pembuat kebijakan publik lebih memahami hubungan antara kehilangan pekerjaan dan kejahatan. Kemudian, pembuat kebijakan merancang intervensi kebijakan yang meminimalkan biaya yang ditimbulkan oleh PHK pada individu yang di-PHK dan masyarakat.

Kalau begitu, teori Prof Votruba itu perlu ditampung Presiden Jokowi dan para ahli pembantunya. Persoalannya, jabatan presiden RI sebentar lagi akan digantikan Prabowo Subianto. Nah, mengapa Jokowi memberikan peringatan itu di jelang akhir masa jabatannya? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: