Layang-Layang Reni Astuti Sampai ke Senayan

Layang-Layang Reni Astuti Sampai ke Senayan

Anggota DPR RI Reni Astuti Dapil Jatim 1.-Reni Astuti for Harian Disway-

Eks Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti resmi dilantik sebagai Anggota DPR RI periode 2024-2029. Banyak yang ragu Bu Reni bisa lolos ke Senayan. Termasuk saya.

“Sampean enggak yakin saya lolos, ya?” tanya Reni Astuti di ruang kerja pimpinan dewan Agustus 2024. Saya mengangguk dan tersenyum.

Memang agak berat dia bisa lolos. Dapat nomor urut dua dan incumbent dari semua partai maju nyaleg lagi, termasuk wakil dari PKS. Namun takdir punya cara kerjanya sendiri. Bu Reni yang lolos!

PKS di dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) berhasil mengamankan satu kursi. Bu Reni dapat 50.057 suara dan menjadi orang kedelapan dari 10 orang yang lolos ke Senayan dari dapil “neraka”.

Beberapa bulan berlalu, 1 Oktober 2024, alumni Statistika ITS itu mengirimkan fotonya di Gedung DPR RI. Pakai kebaya dengan kombinasi putih dan oranye, warna PKS.

BACA JUGA:Reni Astuti Dilantik sebagai Anggota DPR RI 2024-2029, Eri Cahyadi Sampaikan Hal Ini

BACA JUGA:OTW Senayan, Reni Astuti Sampaikan Pesan Purna Tugas di Pelantikan DPRD Surabaya 2024-2029

Yang bikin pangling: Bu Reni akhirnya pakai make-up. Selama 8 tahun mengenalnya, baru kali ini saya melihat Bu Reni mau dirias. Biasanya ia tampil polosan, seperti Bu Risma.

Awal Kenal Bu Reni

Di tahun pertama jadi wartawan di Surabaya (2016) saya ngepos DPRD Surabaya. Seorang redaktur memberikan navigasi agar tidak tersesat di Yos Sudarso, sebutan untuk gedung DPRD Surabaya. “Tempel Bu Reni! Dia sumber berita dan data,” katanya.

Ada beberapa lagi narasumber andalan saat itu: Almarhum Ibnu Shobir, Ahmad Zakaria, Baktiono, Herlina Harsono Njoto, Vinsensius Awey, Rio Pattiselano, Muchammad Machmud, Aden Darmawan, dan tentunya Armuji yang saat itu jadi Ketua DPRD Surabaya.

Bu Reni jadi andalan narasumber di Komisi D (2014-2019). Sangat vokal di urusan pendidikan, sosial, dan kesra. Bu Reni juga jadi “kesayangan” ASN Pemkot Surabaya saat memperjuangkan gaji ke-13 yang sempat tak dicairkan pemkot.


Reni Astuti, Anggota DPR RI terpilih untuk Periode 2024-2029.-Dok Reni Astuti-

Boleh jadi inilah kekuatan Bu Reni di DPR RI: dukungan ASN. Sulit melacak berapa ASN yang menyumbangkan suara untuknya. Yang jelas, Bu Reni juga mengakui faktor tersebut membuatnya lolos ke Senayan.

BACA JUGA:Reni Astuti Minta Pemkot Surabaya Optimalkan Aset untuk Dongkrak Ekonomi Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: